Pengembangan Atlas Tumbuhan Indikator Uji Asam-Basa Sebagai Bahan Ajar Untuk Melatih Scientific Reasoning Skill Siswa
The Development of the Atlas of Plants Test Indicator Acid-Base to Train Scientific Reasoning Skill of Students.
Putri, Raddina Aprilia. 2021. Pengembangan Atlas Tumbuhan indikator Uji
Asam-Basa untuk Melatih Scientific Reasoning Skill Siswa. Tesis, Program Studi
Pendidikan Sains, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I)
Prof. Dr. Edang Susantini, M.Pd. dan (II) Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, M.Si.
Kata-Kata Kunci: Atlas , Scientific Reasoning , Tumbuhan Indikator Uji Asam-
Basa
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas Atlas Tumbuhan
Indikator Uji Asam-Basa dalam melatih kemampuan Scientific Reasoning siswa.
Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (RnD) dengan
menggunakan model Dick and Carey. Subjek pada penelitian ini adalah siswa
kelas X-A SMK S Kesehatan Yannas Husada Bangkalan. Desain penelitian yang
digunakan adalah One Group Pretest- Postest Design. Berdasarkan hasil penilaian
validator menunjukkan bahwa Atlas yang dikembangkan mendapatkan kategori
valid dan reliabel dengan persentase 90,18% dan 89,08%. Respon siswa untuk
menilai tingkat kepraktisan Atlas menunjukkan skor 86,10% dengan kriteria
sangat praktis. Kemampuan scientific reasoning sebagai tujuan utama pada
penelitian ini menunjukkan hasil bahwa 100% siswa berada pada kategori rendah
berdasarkan hasil pretest. Sedangkan pada hasil postest sebanyak 20 % siswa
berada pada kategori tinggi dan rendah, serta 60% siswa berada pada kategori
sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa terdapat peningkatan
pada kemampuan scientific reasoning siswa yang ditinjau dari skor pretest dan
skor postest setelah penerapan Atlas Tumbuhan Indikator Uji Asam-Basa.
Putri , Raddina Aprilia. 2021. The development of the Atlas of Plants Test
indicator Acid-Base to Train Scientific Reasoning Skill of Students. Thesis,
Science Education Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya.
Advisor (I) Prof. Dr. Edang Susantini, M.Pd. and (II) Prof. Dr. Titik
Taufikurohmah, M. Si.
Key Words: Atlas , Plants Test Indicator Acid-Base , Scientific Reasoning
This study aims to describe the quality of the Atlas of the Plants of the Test
Indicator of the Acid-base in the train the ability of Scientific Reasoning of
students. This research is a kind of research and development (RnD) by using a
model of Dick and Carey. The subject in this research is students of class X-A
SMK S Kesehatan Yannas Husada Bangkalan. The research design used is One
Group Pretest - Posttest Design. Based on the results of the assessment of the
validator indicates that the Atlas that was developed to get the category of valid
and reliable percentage 90,18% and 89,08%. The response of the students to
assess the level of practicality of the Atlas shows the score 86,10% with the
criteria very practical. The ability of scientific reasoning as the main objective in
this study showed that 100% of students in the low category based on the results
of the pretest. While in the posttest results as much as 20% of students in the
category of high and low, as well as 60% of students in the medium category.
Based on the results of the research can be explained that there is a increase in
students’ scientific reasoning ability in terms of pretest and postest scores after
implementation of the Atlas Plant Test Indicator Acid-Base.