PENGEMBANGAN E-MODUL DENGAN STRATEGI 5M MERDEKA BELAJAR PENUNJANG BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN EKONOMI
THE DEVELOPMENT OF E-MODULES WITH THE 5M INDEPENDENT LEARNING STRATEGY TO SUPPORT BLENDED LEARNING ECONOMIC SUBJECTS
Pendidikan yang berkualitas menjadi tonggak awal dalam menciptakan sumber daya manusia yang bermutu. Pengenalan Kurikulum Merdeka Belajar oleh Kemdikbudristek merupakan salah satu langkah untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas. Sejalan dengan hal tersebut, Strategi 5M hadir untuk mendukung proses belajar yang merdeka, khususnya pada pembelajaran dengan model Blended Learning. Bahan ajar memegang peranan penting dalam kegiatan pembelajaran dan harus terus dikembangkan serta disesuaikan dengan kondisi pembelajaran saat ini. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian pengembangan E-Modul dengan strategi 5M merdeka belajar penunjang Blended Learning. Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan model 4-D Thiagarajan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tahapan pengembangan produk, mengetahui tingkat kelayakan pada E-Modul dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap E-Modul. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik dari kelas XI IPS MAN 2 Gresik. Instrumen pengambilan data terdiri dari lembar telaah dan lembar validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli grafis, serta lembar respon subjek uji coba yaitu peserta didik. Berdasarkan perolehan nilai valiadasi ahli dengan kategori sangat layak, atau masing-masing sebesar 94% untuk materi, 91% untuk grafik dan 74% untuk bahasa, menunjukkan produk E-Modul layak untuk digunakan sebagai bahan ajar serta untuk meningkatkan minat belajar peserta didik secara aktif dan memudahkan proses belajar mandiri karena mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik yaitu 96%.
Quality education is the initial milestone in creating quality human resources. The introduction of the Independent Learning Curriculum by the Ministry of Education and Culture is one of the steps to creating quality education. In line with this, the 5M Strategy is here to support an independent learning process, especially in learning with the Blended Learning model. Teaching materials play an important role in learning activities and must continue to be developed and adapted to current learning conditions. Therefore, researchers conducted research on the development of E-Modules with the 5M independent learning strategy to support Blended Learning. This development research was conducted using the 4-D Thiagarajan model. The purpose of the study was to determine the stages of product development, determine the feasibility level of the E-Module, and determine the response of students to the E-Module. The research subjects were 30 students from class XI IPS MAN 2 Gresik. The data collection instruments consisted of review sheets and validation sheets by material experts, linguists, graphic experts, and response sheets for test subjects, namely students. Based on the acquisition of expert validation scores in the very appropriate category, or 94% for material, 91% for graphics, and 74% for language, it shows that E-Module products are feasible to be used as teaching materials and to increase students' interest in active learning and facilitate the independent learning process because it gets a very good response from students, namely 96%.