Analytical Reasoning of High School Students in Problem Solving Proofing in terms of Gender Differences
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran analogi siswa SMA dalam pemecahan masalah pembuktian ditinjau dari perbedaan jenis kelamin. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas XI SMA, 2 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki yang telah mempelajari materi prasyarat yang digunakan untuk membuktikan.yang materi prasyarat yang digunakan untuk membuktikan. Data dikumpulkan dengan wawancara berbasis tugas (tes penalaran analogi dalam pembuktian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subjek menyebutkan tujuan masalah dengan baik, mengidentifikasi kemiripan antara masalah sumber dengan masalah target namun melakukan kesalahan saat mengidentifikasi perbedaan masalah sumber dengan masalah target, dan subjek belum menggunakan kesesuaian antara masalah sumber dengan masalah target sehingga didalam prosesnya terjadi beberapa kesalahan. Perbedaan subjek laki-laki dan perempuan terdapat pada komponen identifikasi struktur masalah, siswa laki-laki dapat melalui komponen identifikasi struktur masalah sumber sedangkan siswa perempuan melakukan kesalahan pada komponen ini. Siswa laki-laki dan siswa perempuan memilih strategi yang berbeda dalam menyelesaikan masalah pembuktian yang diberikan.
Kata Kunci: Pembuktian, Penalaran Analogi, Perbedaan Jenis Kelamin
This research is a qualitative descriptive study that aims to describe the analogical reasoning of high school students in solving evidentiary problems in terms of gender differences. The research subjects consisted of 4 high school class XI students, 2 female students and 2 male students who had studied the prerequisite material used to prove. The prerequisite material was used to prove. Data were collected by task-based interviews (analogical reasoning test in proof). The results showed that all the subjects mentioned the purpose of the problem well, identified similarities between the source problem and the target problem but made an error when identifying the difference between the source problem and the target problem, and the subject had not used the compatibility between the source problem and the target problem so that in the process several errors occurred. Differences in male and female subjects are found in the identification component of the problem structure, male students can go through the identification component of the source problem structure while female students make mistakes in this component. Boys and girls choose different strategies in solving the given proof problem.
Keywords: Proof, Analogous Reasoning, Gender Differences