Tujuan dari berbagai negara ialah untuk dapat memberikan kesejahteraan untuk warga negaranya. Kesejahteraan yang dapat diberikan yakni suatu pelayanan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Maka dari itu pelayanan publik dapat di artikan sebagai suatu bentuk pelayanan yang diberikan oleh pemerintah atau aparatur negara. Untuk memberikan pelayanan yang baik berupa jasa ataupun barang, yang digunakan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam menyelesaikan kepentingan yang dibutuhkan oleh masyarakat, karena pelayanan publik sangat di perlukan dalam suatu negara untuk dapat membantu dan mengukur kesejahateraan masyarakat melalui pelayanan-pelayanan yang diberikan kepada publik.Adapun salah satu pelayanan yang diberikan oleh pemerintah yaitu berupa pelayanan kesehatan, pelayanan kesehatan sendiri dapat berupa kemudahan pendaftaran antrian seperti halnya yang di lakukan oleh Puskesmas Tarik. Pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Tarik yakni berupa aplikasi untuk mempermudah pendaftaran pasien yang dinamai dengan SIAP TARIK (Sistem Informasi Antrian di Puskesmas Tarik), aplikasi ini bertujuan untuk dapat mempermudah pasien mendapatkan nomor antrian secara online tanpa harus mengantri di puskesmas. Tujuan dari penelitian ini yaitu Kualitas Pelayanan Pendaftaran Pasien Melalui Sistem Informasi Antrian Di Puskesmas Tarik (Siap Tarik) Kecamatan Tarik-Sidoarjo. Dengan teori Parasuraman (2005) yang memiliki empat model untuk mengukur kualias pelayanan dengan menggunakan metode E-S-Qual oleh yaitu: Efficiency, Fullfilment, System Availability, dan privacy.Dari empat indikator yang digunakan pada penelitian ini menunjukan hasil dari kualitas pelayanan pendaftaran menggunakan SIAP TARIK sudah sesuai dengan standar pelayanan yang seharusnya. Hal tersebut dapat didukung oleh hasil perhitungan setiap indikator sebagai berikut : indikator Efficiency (Efisiensi) dengan jumlah prosentase sebesar 89,17%, indikator Fulfillment (Penyelesaian) dengan jumlah prosentase sebesar 83,85%, indikator System Availability (Ketersediaan sistem) dengan jumlah prosentase sebesar 81,17%, indikator Privacy (Rahasia Pribadi) dengan jumlah prosentase sebesar 86,90%. Dari hasil pada setiap item indikator tersebut dapat di ketahui jumlah keseluruhannya dengan hasil prosentase yaitu sebesar 85,54% dengan kategori sangat baik.Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, E-S-Qual, SIAP TARIK,Puskesmas
The purpose of various countries is to be able to provide well being for their citizens. The welfare that can be given like the service needed by the community. Therefore public service can be interpreted as form of service provided by the government. To provide the good services in the form of services or goods, which are used to provide assistance to the community in resolving to the interests needed by the community, because public services are needed in the country to be able to help and measure the well being of the community through the services provided to public.As for one of the services provided by the government in the form of health services, The health services can be look like the ease of queuing registration as is done by Puskesmas Tarik. Services provided by Puskesmas Tarik are in the form of applications to facilitate the registration of patients named SIAP TARIK (Sistem Informasi Antrian di Puskesmas Tarik), this application focus to make it easier for patients to get queue numbers online without having to queue direct at the puskesmas. The purpose of this study is the Quality of Patient Registration Services Through the Sistem Informasi Antrian di Puskesmas Tarik (SIAP TARIK) District of Tarik Sidoarjo. By using the theory of Parasuraman (2005) which has four models to measure service quality using the E-S-Qual method by: Efficiency, Fullfilment, System Availability, and Privacy.The sampling technique used was purposive sampling. From the four indicators used in this study, the results from the quality of registration services using SIAP TARIK are in accordance with the service standards that should be. This can be supported by the results of the calculation of each indicator as follows: Efficiency indicator with a percentage of 89.17%, Fulfillment indicator with a percentage of 83.85%, System Availability indicator with a percentage amounted to 81.17%, indicator of Privacy (Personal Secret) with a percentage of 86.90%. From the results on each item the indicator can be known as a whole with a percentage that is 85.54% with a very good category.Key Words : Quality Service, E-S-Qual, SIAP TARIK,Public Health Center.