Pengaruh Penambahan Daging Sapi Terhadap Kue Kering Bawang merah
Kue kering merupakan salah satu makanan ringan yang digemari oleh kalangan anak-anak hingga dewasa. Di Indonesia semakin banyak inovasi kue kering dengan rasa gurih/asin, dengan inovasi yang terus berkembang yaitu salah satunya kue kering rasa bawang merah daging sapi. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap kue kering bawang merah daging sapi dan 2) untuk mengetahui pengaruh dalam penambahan daging sapi terhadap kualitas kue kering ditinjau dari aspek warna, rasa, aroma, dan tekstur. Metode yang digunakan dalam pembuatan kue kering bawang merah dan daging sapi ini adalah metode uji coba berulang. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengujian panelis terhadap warna, rasa, aroma, dan tekstur pada kue kering bawang merah daging sapi. Penelitian ini menggunakan metode uji hedonik dengan menggunakan google from Penilitan ini menggunakan metode uji coba berulang. Analisis data menggunakan Uji T berpasangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji t berpasangan menunjukan bahwa tidak ada perbedaan warna kue sebelum dan sesudah diberi daging. Dan hasil uji T berpasangan menunjukan bawha Ada pengaruh dari rasa, aroma, dan tekstur kue sebelum dan sesudah diberi daging. Kue kering bawang merah daging sapi dapat direkomendasikan sebgai peluang produk yang komersil dan sebagai usaha ciptaan produk innovasi baru dalam varian rasa kue kering.
Cookies are one of the snacks favored by children and adults. In Indonesia, there are more and more innovations of pastries with a savory/salty taste, with innovations that continue to grow, one of which is beef onion flavored pastries. This study aims 1) to determine the level of public preference for beef shallots and 2) to determine the effect of adding beef to the quality of pastries in terms of color, taste, aroma, and texture. The method used in the manufacture of red onion and beef pastries is an iterative trial method. The data analysis technique was carried out by panelist testing of the color, taste, aroma, and texture of the beef onion pastries. This study uses the hedonic test method using Google from Research. This research uses the iterative trial method. Data analysis used paired T-test. The results showed that the results of the paired t test showed that there was no difference in the color of the cake before and after being given meat. And the results of the paired T test showed that there was an influence on the taste, aroma, and texture of the cake before and after being given meat. Beef onion pastries can be recommended as a commercial product opportunity and as an effort to create new innovative products in the cookie flavor variant.