The Effect of Narrative Text Learning Media Assisted by Quizizz Applications on Students' Understanding of Folklore Plots
Perkembangan zaman telah mengantarkan pada kemajuan teknis, salah satunya adalah penggunaan program quizizz untuk menghadirkan media pembelajaran online. Media aplikasi Quizizz dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran siswa, sehingga tidak membuat siswa lelah selama proses pembelajaran. Penelitian ini bermaksud untuk menguji bagaimana media pembelajaran teks naratif yang didukung oleh aplikasi Quizizz mempengaruhi pemahaman cerita rakyat siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimental. Pendekatan pengambilan sampel adalah pre-experiment one-group pre-test-posttest. Sampel terdiri dari 26 siswa kelas IV SDN Purworejo 01 Geger. Ujian dan angket digunakan untuk memperoleh data untuk penelitian. Analisis statistik data menggunakan uji-t regresi linier dasar untuk menilai hipotesis. Temuan regresi linier sederhana SPSS versi 28 menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dengan nilai sig (2-tailed) 0,002 < 0,05. Nilai pra dan pasca tes siswa telah meningkat, dengan skor rata-rata awal menjadi 49,20 dan skor rata-rata akhir menjadi 51,20. Menurut temuan tersebut, pemahaman siswa tentang cerita rakyat meningkat ketika alat pembelajaran teks naratif digabungkan dengan aplikasi Quizizz.
Kata Kunci: quizizz, teks narasi, alur cerita.
The progression of time has ushered in technical advancements, one of which is the employment of the quizizz program to deliver online learning media. Quizizz application media is utilized to promote student learning, so it does not tire students throughout the learning process. This study intends to examine how narrative text learning medium supported by the Quizizz application affects students' comprehension of folklore. The research approach employed is experimental quantitative. The sampling approach was pre-experiment one-group pre-test-posttest. The sample consisted of 26 fourth-graders from SDN Purworejo 01 Geger. Exams and questionnaires were utilized to obtain data for study. The statistical analysis of the data employed the basic linear regression t-test for assessing hypotheses. The findings of SPSS version 28's simple linear regression indicate that H0 is rejected and H1 is accepted, with a sig (2-tailed) value of 0.002 < 0.05. The pre- and post-test scores of the pupils have grown, with the initial average score being 49.20 and the final average score being 51.20. According to the findings, students' grasp of folklore enhanced when narrative text learning tools were combined with the Quizizz app.
Keywords: quizizz, narrative text, storyline.