Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo bahwa kendala yang dialami oleh guru dalam menjelaskan materi mikrokontroller pada mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram yaitu belum adanya trainer mikrokontroller, hal ini mengakibatkan kurangnya motivasi belajar peserta didik serta sulitnya peserta didik dalam mempelajari pemrograman dan hardware-nya. Dengan adanya trainer kit mikrokontroller Arduino Uno berbasis IoT diharapkan dapat membantu peserta didik dalam mempelajari pemrograman dan hardware-nya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan berdasarkan validitas, efektifitas dan kepraktisan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan 9 (sembilan) tahapan penelitian, yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TOI di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Pengujian produk dilakukan menggunakan pre-experimental design (nondesign) dengan bentuk single one shot case study. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelayakan trainer kit mikrokontroller Arduino Uno berbasis IoT sebagai media pembelajaran pada aspek validitas dinyatakan sangat layak dengan hasil rating trainer sebesar 91.67%, hasil rating jobsheet sebesar 89.59%, hasil rating lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 89.58%, hasil rating RPP sebesar 85.89% dan hasil rating butir soal sebesar 88.54%. Aspek kepraktisan ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dinyatakan praktis dengan hasil rating sebesar 81.25% dan aspek efektifitas ditinjau dari hasil belajar peserta didik dengan taraf signifikansi sebesar 0,05 diperoleh nilai thitung = 14.357 > ttabel = 1,70329. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil akhir belajar peserta didik lebih dari sama dengan nilai KKM. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Trainer Kit Mikrokontroller Arduino Uno berbasis IoT yang dikembangkan layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Sistem Kontrol Terprogram di SMKN 1 Jenangan Ponorogo.
This event will be based on research by observations at SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo that constraints experienced by teachers in explaining the microcontroller material on subjects not yet Programmed control system i.e. the existence of a microcontroller trainer, This resulted in a lack of motivation in learning the learners as well as the difficulty of the learners in learning programming and hardware. With the trainer kit microcontroller the Arduino Uno based IoT expected to assist learners in learning programming and hardware. This research aims to produce a decent learning media is used based on the validity, effectiveness and practicality. This research uses the methods of Research and Development (R&D) with 9 (nine) research stages, namely: (1) the potential and problems; (2) data collection; (3) design products; (4) the validation of the design; (5) a revision of the design; (6) test products; (7) a revision of the product; (8) a test of usage; (9) the analysis and reporting. The subject of this research is the learners class XI TOI at SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Product testing is done using pre-experimental design (nondesign) and form a single one shot case study. The results of this research show that the eligibility level trainer kit microcontroller the Arduino Uno-based learning media as IoT on aspects of validity are stated very decent results with a trainer of 91.67% rating, the rating results of jobsheet 89.59%, result of the rating observation sheet implementation study of 89.58%, result of RPP 85.89% rating and the rating results of the grain problem of 88.54%. Aspects of practicability in terms of implemenation learning practical with results declared rating of 81.25% and aspects of effectiveness in terms of learning outcomes learner level of significance of 0.05 retrieved the value thitung = 14,357 > ttabel = 1.70329. Based on these results it can be concluded that the average value of a learning outcome learners more than equal to the value of the KKM. Based on these results it can be concluded that the media learning Trainer Kit Microcontroller the Arduino Uno based IoT developed and used as a medium of instruction in the subjects of control systems — in 1 Jenangan Hard-wired Ponorogo.