Purbaningrum,
Endang. 2013. Sikap Kepemimpinan Dalam Pengelolahan dan Pengembangan Sekolah Inklusif
di Surabaya: Studi Multi-Kasus di SD ‘Kreatif’ Muhammadiyah 16 Surabaya dan SD
NegeriPercobaan Surabaya. Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan.
Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Promotor: (1) Prof. Dr.
Murtadlo, M.Pd, dan (2) Co-promotor: Prof. Dr. Mukhlas Samani, M.Pd.
Kata
Kunci: Sikap kepemimpinan, sistem pendidikan atau sekolah inklusif, siswa berkebutuhan
khusus.
Sikap kepemimpinan yang ditumbuhkan oleh
setiap individu warga sekolah merupakan faktor penting dalam pengelolahan dan
pengembangan sekolah inklusif. Ini disebabkan karena tumbuhnya sikap
kepemimpinan tersebut bisa mengarahkan tiap individu untuk saling mengajak dan
mempengaruhi untuk berjuang dan bekerja bersama dalam meraih visi, misi, dan
tujuan serta keberhasilan pelaksanaan sekolah inklusif yang diharapkan. Lebih
jauh lagi, banyak penelitian terdahulu selama ini belum mampu menyuguhkan suatu
pola tertentu tentang sikap kepemimpinan yang bisa memberikan kontribusi nyata
terhadap perkembangan dan pengelolahan sekolah inklusif tersebut. Perlu
diketahui bahwa adanya pola-pola tertentu dalam penerapan sikap kepemimpinan di
suatu sekolah inklusif dipengaruhi oleh berbagai faktor.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap
sikap kepemimpinan orientasi pada tugas dan hubungan yang tumbuh pada diri setiap
anggota warga sekolah di sekolah inklusif serta pengaruhnya terhadap perkembangan
sekolah inklusif tersebut. Penelitian ini menggunakan pendek atan kualitatif dengan
sebuah rancangan studi kasus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
interview untuk mendapatkan data primer berupa persepsi dan observasi untuk mendapatkan
data pendukung atau sekunder yang berupa laporan kegiatan dan dokumen-dokumen terkait
dengan suatu kegiatan sikap kepemimpinan orientasi pada tugas dan hubungan tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap
individu warga sekolah di SD ‘Kreatif’ Muhammadiyah 16 Surabaya dan SD Negeri Percobaan
Surabaya telah berkembang dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari adanya upaya atau
tindakan-tindakan melalui variable-variabel sikap kepemimpinan yang telah dilakukan
oleh tiap individu untuk mendukung pengelolahan dan pengembangan sistem pendidikan
inklusif di dua sekolah inklusif tersebut. Selain itu, Tumbuhnya sikap kepemimpinan
berorientasi pada tugas dan hubungan di dua sekolah inlusif tersebut dipengaruhi
oleh beberapa faktor, yaitu pemahaman terhadap nilai agama, sikap keterbukaan terhadap
kemajuan, dan komitmen yang tinggi, rasa tanggung jawab, pandangan visioner kedepan,
dan dedikasi yang tinggi.
Hasilnya, sikap kepemimpinan orientasi tugas dan
hubungan pada setiap individu di sekolah inklusif ini memberikan pengaruh terhadap
keberrhasilan tiap individu dalam memecahkan berbagai persolaan yang muncul terkait
dengan penanganan para siswa ABK dan peningkatan mutu sekolah yang membawa dampak
positif bagi kepercayaan masyarakat terhadap kemajuan dan perkembangan sekolah inkusif
ini
The results showed that each individual at the
inclusive schools investigated (‘Creative’ Muhammadiyah16 Elementary School and
Trial State Elementary School of Surabaya) had grown their own job and
relationship-oriented leadership attitudes. These could be seen from some
actions regarding with the variables of the leadership attitudes which had been
done by them to support the establishment and development of the inclusive
education system at the two schools investigated. Besides, the growth of the
job and relationship-oriented leadership attitudes at the two inclusive schools
investigated was determined by some factors such as good understanding of the
religion concepts, openness attitudes to the development, high commitment, good
responsibility, visionary views, and high dedication. As a result, the job and
relationship-oriented leadership attitudes grown could lead each member of the
inclusive schools to solve problems appearing during the implementation of the
inclusive education system especially related to the treatment of the children
with disabilities and to bring their quality improvement which gave impacts on
the community trust to the existence and development of the inclusive schools
investigated
This research was aimed at revealing the
job and relationship-oriented leadership attitudes growing in each member of
the inclusive schools and their effects to the development of the inclusive
education system. This research used a qualitative approach within a multi-case
study design. The data collection was done through interview to get the primary
data and observations to get some supportive and additional data.
Leadership attitude grown by each
individual of the school members is one of the important factors in managing
and developing inclusive schools. This is due to the growth of the leadership
attitude can lead those individuals to ask and influence each other in
struggling and working together in order to reach the expected visions,
missions, and objectives of the inclusive schools. Furthermore, many previous
researches have not performed certain features of the leadership attitude which
can give real contributions in the management and development of the inclusive
schools. It is necessary to know that the emergence of those certain features
of the leadership attitude in the application of the inclusive schools is
affected by various factors.
Key
Words: Leadership attitudes, inclusive education system or school, children
with disabilities.
Purbaningrum,
Endang. 2013. Patterns of Job and Relationship-Oriented Leadership in Managing
and Developing the Inclusive Schools in Surabaya: A Multi-Case Study at
‘Creative’ Muhammadiyah Elementary School of Surabaya and Trial State Elementary
School of Surabaya.Dissertation. Education Management. Post Graduate
Program.UniversitasNegeri Surabaya. (1) Promotor: Prof. Dr. Murtadlo, M.Pd, dan
(2) Co-promotor: Prof. Dr. MukhlasSamani, M.Pd.