ABSTRAK
PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN BERMAIN GITAR
UNTUK ANAK USIA 8 – 12 TAHUN
Nama : M. Fahrian Noor
NIM : 15020134120
Prodi : S1 Pendidikan Sendratasik
Jurusan : Sendratasik
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.
Tahun : 2019/2020
Kata Kunci : Pengembangan, Buku Panduan, Gitar, Usia 8 – 12 tahun
Pengembangan adalah tindakan mengembangkan sesuatu yang telah ada sebelumnya dan dimodifikasi dengan harapan mendapatkan kualitas yang lebih baik. Dalam penelitian ini, Alasan pengembangan adalah kurangnya penggunaan alat musik gitar dalam pembelajaran di sekolah karena asumsi bahwa gitar sulit untuk dipelajari. Anak-anak cenderung merasa susah dalam mempelajari alat gitar. Diperlukan buku yang sesuai dengan karakteristik anak yang dibuat dengan panduan cara memainkan gitar.
Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah model ADDIE yakni Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Proses pengembangan dilakukan tahap analisis siswa, analisis konsep, analisis tujuan. Proses perancangan produk, pembuatan desain, perancangan angket validasi dan respon. Dalam proses pengembangan dilakukan pembuatan produk dan tahap validasi. Pada tahap implementasi dilakukan uji coba produk terhadap anak usia 8 – 12 tahun. Tahap evaluasi untuk mendapatkan persentase penilaian kualitas dan kepraktisan produk.
Hasil pengembangan produk dilakukan tahap analisis siswa didapatkan berdasarkan wawancara kepada guru, dilanjutkan analisis konsep dengan cara studi buku. Perancangan konsep dilakukan satu kali dilanjutkan dengan pembuatan produk. Setelah produk selesai diperlukan proses validasi dari tiga ahli yakni, ahli materi, ahli kegrafikan, dan ahli bahasa untuk mendapatkan nilai kualitas. Hasil dari validasi didapatkan persentase penilaian 80% hasil validasi materi, 71,11% hasil validasi kegrafikan, dan 97,14% hasil validasi bahasa. Berdasarkan ketiga hasil tersebut produk ini sudah layak diujicobakan dengan syarat revisi sesuai dengan saran. Setelah proses revisi selanjutnya dilakukan ujicoba produk kepada tujuh anak SDN Sidodadi 1 sebagai objek dengan usia rentan usia 8-12 tahun. Nilai kepraktisan produk didapatkan berdasarkan hasil angket respon siswa. Dari hasil ujicoba didapatkan persentase 96,42% dengan klasifikasi penilaian sangat praktis.
Sebelum mempelajari buku anak diminta diberikan angket awal untuk mengetahui kemampuan dasar tentang musik. Didapatkan hasil anak belum mampu bermain gitar. Setelah mempelajari buku bermain gitar anak mampu memainkan lagu selamat ulang tahun dan naik delman secara bersama-sama dan didokumentasikan dalam format video. Dalam proses pengembangan diperlukan plan A, B dan C, untuk mengantisipasi kendala yang terjadi saat proses pengembangan produk.
ABSTRACT
DEVELOPMENT OF GUITAR PLAYING GUIDE BOOK
FOR CHILDREN AGE 8 – 12 YEARS
Name : M. Fahrian Noor
Major : Sendratasik
Faculty : Bahasa dan Seni
Institution : Universitas Negeri Surabaya
Supervisor : Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si.
Year : 2019/2020
Keyword : Development, User Guide, Guitar, Age 8 – 12 Years
Development is the action to develop something that had been existed previously and modified with the hope of getting better quality. This research is the development of guidebook to play the guitar. The reason of development is that guitar musical instrument rarely used in teaching at schools, many assumptions that the guitar is difficult to learn because it plays an element of melody, harmony, and rhythm. Though this musik instrument is phenomenal and easily found in everyday life. Children tend to find it difficult to learn guitar musikal instrument if not guided by people who are already fluent in playing the guitar. For this reason, it needs book which is appropriate to the characteristics of children made with guidance on how to play the guitar even without a companion.
The modal was developed in this development is the ADDIE model which has extension Analysis (Analysis), Design (Design), Development (Development), Implementation (Implementation), Evaluation (Evaluation). The development process is carried out in the stages of student analysis, concept analysis, goal analysis. The process of designing products, making designs, designing validation and response questionnaires. In the development process the product is made and the validation stage is carried out. At the implementation stage, product trials are conducted on children aged 8 - 12 years. Evaluation stage to get a percentage of quality and practicality assessment of the product
The process of making the book done by two times draft, then manufacturing illustration. After producing, it was validation process. In the development, it was needed the validation of three experts, namely, material expert, graphic expert, and language expert to get the value of quality. The results of the validation obtained 80% of material validation, 71,11% of graphic validation, and 97,14 of language validation. Based on these three results, this product is already worth to be tested with the revision requirements in accordance with the advice. After revision process, the product trialed on seven children of SDN Sidodadi 1 as objects with the range age of 8 – 12 years. Practical value of the product obtained by the results of the questionnaire responses. From the trial results obtained a percentage of 96,42% with a very practical assessment classification.
Before studying books children are asked to be given an initial questionnaire to find out basic skills about music. Obtained results children have not been able to play the guitar. After learning the book playing guitar, children are able to play happy birthday songs and ride the delman together and documented in video format. In the development process, plans A, B and C are needed, to anticipate obstacles that occur during the product development process.