PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL SANGGUL CIWIDEY DI SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO
THE DEVELOPMENT OF VIDEO TUTORIAL MEDIA ON SANGGUL CIWIDEY AT NEGERI 3 PROBOLINGGO
Media pembelajaran video adalah solusi untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran, masih banyak menggunakan metode yang monoton sehingga siswa cepat bosan dan tidak semangat .
Diperlukannya penambahan media yang lebih kreatif dan inovatif, sehingga mudah dipahami dan menarik minat siswa, salah satunya dengan menggunakan media video Tutorial, khususnya di Jurusan Tata Kecantikan pada kompetensi dasar penataan Sanggul Ciwidey. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran, mengetahui kelayakan video tutorial, mengetahui hasil belajar psikomotorik siswa, dan mengetahui respon siswa menggunakan video tutorial sebagai media pembelajaran pada materi sanggul ciwidey di SMK Negeri 3 Probolinggo.
Jenis penelitian yang digunakan R&D (Research and Development) dan One Shot Case Study. Hasil penelitian tentang penilaian kelayakan video tutorial dari aspek materi memperoleh nilai sebesar 89%, dari aspek media sebesar 94%, dan dari aspek bahasa sebesar 90% secara keseluruhan termasuk kategori “Sangat Layak”, penilaian hasil belajar psikomotor mendapatkan nilai lebih dari KKTP yaitu 83, dan penilaian respon siswa pada beberapa aspek ialah 94% yang mana masuk dalam kategori 81-100% “sangat baik”.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Tutorial, Sanggul Ciwidey.
Video learning media is a solution to overcome student boredom in learning. In learning, many people still use monotonous methods so that students quickly get bored and lack enthusiasm.
It is necessary to add more creative and innovative media, so that it is easy to understand and attracts students' interest, one of which is by using video tutorial media, especially in the Beauty Department regarding the basic competency of styling the Ciwidey bun. The purpose of this research is to determine the procedures for developing learning media, determine the feasibility of video tutorials, determine student psychomotor learning outcomes, and determine student responses to using video tutorials as learning media on bun ciwidey material at SMK Negeri 3 Probolinggo.
The type of research used is R&D (Research and Development) and One Shot Case Study. The results of the research regarding the assessment of the feasibility of video tutorials from the material aspect obtained a score of 89%, from the media aspect it was 94%, and from the language aspect it was 90% overall, including the "Very Appropriate" category, the assessment of psychomotor learning outcomes received a score more than the KKTP, namely 83 , and the student response assessment in several aspects was 94% which was in the 81-100% "very good" category.
Keywords: Learning Media, Video Tutorial, Sanggul Ciwidey.