TANTANGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK 5M DI SMP
TEACHERS CHALLENGES IN LEARNING SCIENCE WITH A 5M SCIENTIFIC APPROACH IN HIGH SCHOOL
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan tantangan guru pada saat melakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif,yaitu dengan membuat deskripsi atau gambaran terkait tantangan guru dalam menerapkan pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan saintifik. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tantangan guru dalam pendekatan saintifik yang di dalamnya termuat tahapan pendekatan saintifik beserta tantangan yang dihadapi oleh guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi literatur dan menggunakan pokok bahasan studi kasus pada penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya untuk menganalisis tantangan atau hambatan yang dialami guru ketika melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi yang diawali dengan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ditemukan bahwa masih banyak tantangan yang dihadapi guru saat kegiatan pembelajaran. Tantangan guru IPA dalam pembelajaran saintifik paling dominan meliputi 3 hal, yaitu: tantangan guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan mengatur alokasi waktu. Oleh karena itu, diharapkan pihak sekolah terutama kepala sekolah memberikan pelatihan khusus bagi guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan penjelasan tentang tahapan-tahapan pendekatan saintifik. Dengan begitu dapat meminimalisir tantangan-tantangan yang dihadapi oleh guru di sekolah.
Kata Kunci : Tantangan Guru, Pembelajaran IPA, Pendekatan Saintifik,
This research aimed to analyze and describe the challenges of teachers when learning by using a scientific approach. The type of research used is descriptive qualitative, making descriptions or descriptions related to the challenges of teachers in implementing science learning using a scientific approach. The instrument used in this study was the teacher's challenge instruments in the scientific approach, which contained the stages of the scientific approach and the challenges faced by the teacher. The data collection technique in this study used literature studies and used the subject matter of case studies in research that had been conducted by previous researchers to analyze the challenges or obstacles experienced by teachers when carrying out learning using a scientific approach. The data analysis technique used in this research is content analysis which begins with the process of data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results obtained in this study are that it is found that there are still many challenges faced by teachers during learning activities. The most dominant challenge for science teachers in scientific learning includes 3 things, namely: the challenge of teachers in planning learning activities, class management, and managing time allocations. Therefore, it is hoped that the school, especially the principal, will provide special training for teachers in preparing lesson plans (RPP) and an explanation of the stages of the scientific approach. That way it can minimize the challenges faced by teachers in schools.
Keywords: Teachers’ Challenges, Science Learning, Scientific Approach.