ANALISIS PENERAPAN PRINSIP GOOD HOSPITAL GOVERNANCE PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. H. SLAMET MARTODIRDJO PAMEKASAN
ANALYSIS OF THE APPLICATION OF GOOD HOSPITAL GOVERNANCE PRINCIPLES IN REGIONAL GENERAL HOSPITAL Dr. H. SLAMET MARTODIRDJO PAMEKASAN
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan prinsip akuntabilitas good hospital governance pada RSUD Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan subjek penelitian ini menggunakan purposive sampling dan metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) akuntabilitas hukum dan kejujuran yang ditunjukkan dengan adanya pelaksanaan operasional yang telah sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 4 Tahun 2018 tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien. Namun, ada beberapa permasalahan yang dihadapi yaitu belum ada peraturan terbaru terkait perubahan struktur organisasi, adanya pasien yang tidak tertib SOP terkait pengaduan, dan ketidakdisiplinan beberapa unit dalam merevisi SOP (2) akuntabilitas proses yang ditunjukkan dengan adanya proses sistem informasi manajemen rumah sakit, sistem informasi akuntansi, dan survei kepuasan masyarakat. Namun, terdapat kendala dalam pelaksanaanya yaitu kurangnya kemauan pengguna untuk meningkatkan pengetahuan SIMRS, ketidakdisiplinan dalam proses administrasi di SIMRS, dan memiliki tuntutan untuk membuat prosedur sistem informasi akuntansi tetap berjalan secara efektif dan efisien (3) akuntabilitas program yang ditunjukkan dengan adanya program yaitu penunjang urusan pemerintahan daerah di mana kegiatannya yaitu upaya peningkatan pelayanan BLUD dengan memperhatikan beberapa indikator dari BOR, ALOS, TOI, BTO, NDR, dan GDR. (4) akuntabilitas kebijakan yang ditunjukkan dengan adanya kebijakan yaitu pertanggungjawaban terkait kebijakan pengelolaan sumber daya manusia, kebijakan ketenagaan keperawatan dan mutu asuhan keperawatan.
This study aims to describe the application of the principle of accountability for good hospital governance at RSUD Dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan. This research uses descriptive qualitative method. The selection of research subjects is done by purposive sampling, and the Method of data collection is done by using observation, interviews, and documentation. Data analysis is carried out through the stages of data reduction, data presentation, verification and drawing conclusions. The validity test of the data is carried out using the triangulation method. The results showed that (1) legal accountability and honesty as indicated by the existence of operational implementation that is in accordance with the Regulation of the Minister of Health Number 4 of 2018 concerning Hospital Obligations and Patient Obligations. However, there are several problems encountered, namely the absence of the latest regulations regarding organizational structure changes, the presence of patients who do not comply with SOPs regarding complaints, and the indiscipline of several units in revising SOPs (2) process accountability as indicated by the existence of a hospital management information system process, accounting information, and community satisfaction surveys. However, there are obstacles in its implementation, namely the lack of willingness of users to increase SIMRS knowledge, indiscipline in the administration process at SIMRS, and having demands to make accounting information system procedures continue to run effectively and efficiently (3) program accountability as indicated by the existence of programs, namely supporting affairs regional government where the activities are efforts to improve BLUD services by taking into account several indicators from BOR, ALOS, TOI, BTO, NDR, and GDR. (4) policy accountability as indicated by the existence of policies, namely accountability related to human resource management policies, nursing staff policies and the quality of nursing care.