Analisis Kualitas Pelalayan Administrasi Kependudukan Desa Banaran Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro
Analysis of the Quality of Population Administration Services in Banaran Village, Malo District, Bojonegoro Regency
ABSTRAK
Nama : Kunaji
Program Studi : S1 Ilmu Administrasi Negara
Fakulatas : Ilmu Sosial dan Hukum
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Galih Wahyu Pradana, S.AP., M.Si.
Latar belakang penelitian ini adalah kualitas pelayanan publik yang menyangkut administrasi kependudukan pada pemerintah desa Banaran Kecamatan Malo Kabupaten Bojonegoro belum maksimal akibat belum optimalnya penggunaan fasilitas hingga keterbatasan sumber daya hingga waktu yang diperlukan dalam proses pelayanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan kelebihan serta kekurangan yang terdapat pada pelaksanaan pelayanan administarasi kependudukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif analisis deskriptif. pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan dengan didukung oleh studi pustaka yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Administrasi Kependudukan, dan Pelayanan Publik.
ABSTRACT
Name: Kunaji
Study Program: Bachelor of Public Administration Science
Faculty: Social Sciences and Law
Institution: Surabaya State University
Supervisor: Galih Wahyu Pradana, S.AP., M.Si.
The background to this research is that the quality of public services relating to population administration in the Banaran village government, Malo District, Bojonegoro Regency has not been optimal due to not optimal use of facilities and limited resources and the time required for the service process.
This research aims to determine and describe the advantages and disadvantages found in the implementation of population administration services using descriptive analysis qualitative research methods. Data collection was carried out using field studies supported by literature studies which included observation, interviews and documentation. determining informants using purposive sampling technique.
Keywords: Service Quality, Population Administration, and Public Services.