KEEFEKTIFAN DAN KEPRAKTISAN PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK
THE EFFECTIVENESS AND PRACTICITY OF ANDROID-BASED LEARNING ON ELECTRICAL INSTALLATION LESSON
Belajar mengajar sebagai proses komunikasi, dimana penyampaian pesan dari tenaga pendidik kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Kesuksesan dalam bidang pendidikan menjadi poin utama pendidikan diera saat ini. Untuk membantu proses belajar siswa serta pengajar diperlukan adanya media pembejaran, yang mencakup pengalaman yang lebih real, menarik, dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa dan membangkitan dunia teori beserta realitanya. Penelitian ini bermaksud mengetahui kepraktisan serta keefektifan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran (MAPEL) instalasi tenaga listrik (ITL) pada siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) kelas XI. Android meerupakan sistem oprerasi yang marak dipakai pada smartphone telah mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga tidak dapat dipandang dengan sebelah mata. Akan tetapi, kemajuan perangkat android sangat luar yang didukung banyak. Pendekatan penelitian yang dilakukan berupa pendekatan penelitian studi literatur dimana pada pelaksanaannya, penulis melakukan kajian terhadap data hasil penelitian yang berhubungan dengan kepraktisan serta keefektifan pembelajaran memanfatkan android dalam MAPEL ITL, pada rentang waktu 2016-2019. Nilai persentase rata-rata yang diperoleh dari studi literatur pada keefektifan pembelajaran berbasis android di MAPEL ITL berbasis android sebesar 80.03%. Apabila ditinjau dari sisi kepraktisan, persentase nilai rata-rata yang diperoleh pada studi literatur tingkat kepraktisan pembelajaran berbasis android di MAPEL ITL sebesar 77.13%. Kata Kunci: pembelajaran, keefektifan, kepraktisan, android
Teaching and learning as a communication process, where the delivery of messages from educators to students in the learning process. Success in the field of education is the main point of education in the current era. To assist the learning process of students and teachers, it is necessary to have a learning media, which includes a more real, interesting, and interactive experience, so that it can increase students' interest in learning and awaken the world of theory and reality. This study intends to determine the practicality and effectiveness of android-based learning media in subjects (MAPEL) of electric power installations (ITL) in class XI vocational high school (SMK) students. Android is an operating system that is widely used on smartphones and has experienced very rapid development, so it cannot be underestimated. However, the advancement of android devices is beyond that which is widely supported. The research approach taken is in the form of a literature study approach where in practice, the authors conduct a study of research data related to the practicality and effectiveness of learning to use android in ITL MAPEL, in the 2016-2019 timeframe. The average percentage value obtained from the literature study on the effectiveness of android-based learning in Android-based ITL MAPEL is 80.03%. When viewed from the practical side, the percentage of the average value obtained in the literature study of the practicality level of android-based learning in MAPEL ITL is 77.13%. Keywords: learning, effectiveness, practicality, android