Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Help Pada Materi Kebijakan Moneter Dan Kebijakan Fiskal
Kurikulum 2013 menerapkan guru hanya sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran. Sebagai fasilitator, guru perlu memiliki bahan ajar atau media pembelajaran penunjang dalam proses pembelajaran. Berdasarkam hasil wawancara pada guru ekonomi MAN 1 Mojokerto, peserta didik cenderung aktif pada awal pembelajaran ketika guru menggunakan metode ceramah, sedangkan pada saat guru menggunakan media audio visual peserta didik cenderung aktif dari awal hingga akhir proses pembelajaran. Media pembelajaran audio visual dapat digunakan sebagai solusi untuk membantu peserta didik lebih aktif pada proses pembelajaran dengan di dampingi guru sebagai fasilitator. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya pengembangan media berupa audio visual guna meningkatkan pemahaman dan keaktifan peserta didik. Media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan permasalahan tersebut yaitu media kartu help. Pengembangan media pembelajaran kartu help menggunakan penelitian 4D. Penelitan pengembangan Define, Design, Develop, dan Disseminate (4D) ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa kartu digital dengan analisis soal hots serta mengetahui tingkat kelayakan media kartu help dengan uji telaah dan validasi oleh para ahli. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, dan angket terbuka serta angket tertutup. Data dianalisa secara deskriptif kuantitatif,untuk mendapat deskripsi dari hasil validasi kelayakan materi, evaluasi dan media. Hasil telaah dan validasi menunjukkan media kartu help dikategorikan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan jumlah persentase materi 71%, evaluasi soal hots 93% dan media 90%
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kartu Help, Soal Hots
Curriculum 2013 applies teachers only as facilitators in the learning process so that students can be more active in the learning process. As a facilitator, teachers need to have teaching materials or learning media to support the learning process. Based on the results of interviews with MAN 1 Mojokerto economics teachers, students tend to be active at the beginning of learning when teachers use the lecture method, while when teachers use audio-visual media students tend to be active from the beginning to the end of the learning process. Audio visual learning media can be used as a solution to help students be more active in the learning process with the teacher as a facilitator. Based on these problems, it is necessary to develop media in the form of audio visual to increase students' understanding and activeness. The learning media developed based on these problems is help card media. The development of help card learning media uses 4D research. This Define, Design, Develop, and Disseminate (4D) development research aims to develop learning media in the form of digital cards with analysis of hots questions and determine the feasibility level of help card media with review and validation tests by experts. Data collection is done by conducting interviews, and open and closed questionnaires. The data were analyzed descriptively quantitatively, to get a description of the results of the validation of the feasibility of material, evaluation and media. The results of the review and validation show that the help card media is categorized as feasible for use in the learning process with a total percentage of 71% material, 93% hots question evaluation and 90% media.
Keywords: Learning Media, Help Card, Hots Problem