SOCIAL NETWORK OF CHINESE ENTREPRENEURS IN SURABAYA CITY
Tulisan ini membahas mengenai jaringan sosial pengusaha dengan etnis Tionghoa di Kota Surabaya. etnis Tionghoa terkenal berprofesi sebagai pengusaha baik pengusaha besar, sedang hingga kecil. Pengusaha ini tentunya memiliki jaringan yang beragam dan saling terhubung satu dengan yang lainnya. Pada rezim orde baru para etnis Tionghoa memiliki ruang gerak yang terbatas sehingga mayoritas berprofesi sebagai pengusaha atau pedagang. Jaringan sosial pengusaha ini dianalisis menggunakan perspektif teori dari James S Coleman yakni jaringan sosial pada modal sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui motif jaringan yang dibentuk pengusaha Tionghoa dengan aktor kepentingan seperti elit politik serta aktor pengusaha lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnometodologi. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kota Surabaya. Subyek penelitian berasal dari etnis Tionghoa yang berprofesi sebagai pengusaha jenis apapun di Kota Surabaya. hasil data penelitian ini memaparkan bahwa terdapat dua golongan pengusaha di Kota Surabaya, yakni pertama, pengusaha yang terlibat dengan elit politik dan birokrasi . kedua, pengusaha yang tidak bersinggungan dengan aktor politik hanya bersinggungan dengan kelompok pengusaha lainnya dan birokrasi. Pengusaha yang terlibat dengan elit politik dan birokrasi memiliki kepentingan yaitu ingin berpengaruh terkait pembuatan kebijakan dan kemudahan perizinan usaha. Sedangkan pengusaha yang non politik berjaring hanya untuk murni kepentingan bisnis tidak terlibat dalam perumusan kebijakan.
Kata Kunci : Pengusaha, Etnis Tionghoa, Jaringan Sosial
This paper discusses the social network of entrepreneurs with ethnic Chinese in the city of Surabaya. ethnic Chinese are well-known for their profession as entrepreneurs, both large, medium to small entrepreneurs. These entrepreneurs certainly have a diverse network and are interconnected with one another. In the new order regime, the ethnic Chinese had limited space for movement so that the majority worked as businessmen or traders. The entrepreneur's social network was analyzed using the theoretical perspective of James S Coleman, namely social networks on social capital. The purpose of this study was to analyze and determine the motives of the network formed by Chinese businessmen with actors of interest such as political elites and other business actors. This study uses a qualitative method with an ethnomethodological approach. The location of this research was conducted in the city of Surabaya. The research subjects come from ethnic Chinese who work as entrepreneurs of any type in the city of Surabaya. The results of this research data explain that there are two groups of entrepreneurs in the city of Surabaya, namely first, entrepreneurs who are involved with the political elite and the bureaucracy. second, entrepreneurs who do not interact with political actors only interact with other groups of entrepreneurs and the bureaucracy. Entrepreneurs who are involved with political elites and the bureaucracy have an interest, namely wanting to be influential regarding policy making and ease of business licensing. Meanwhile, non-political entrepreneurs are only netted for purely business interests and are not involved in policy formulation.
Keywords: Entrepreneur, Ethnic Chinese, Social Network