PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI VARIASI DAN KOMBINASI GERAK DASAR
IMPROVING PHYSICAL FITNESS OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS THROUGH VARIATIONS AND COMBINATIONS OF BASIC MOVEMENTS
ABSTRAK
PENINGKATAN KEBUGARAN JASMANI SISWA SEKOLAH DASAR
MELALUI VARIASI DAN KOMBINASI GERAK DASAR
Nama : Dymas Igo Frantio
NIM : 19060464090
Program Studi : S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Fakultas : Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Vega Candra Dinata, S.Pd., M.Pd.
Tingkat kebugaran siswa nasional berdasarkan pengukuran tim Sport Development Index pada tahun 2023 untuk anak usia 10-15 tahun sejumlah 1.578 anak yang tersebar di 34 provinsi menunjukkan bahwa tingkat kebugaran siswa nasional memprihatinkan dengan rincian anak yang termasuk kategori baik atau lebih hanya 6,79% sedangkan anak yang termasuk kategori kurang dan kurang sekali sebesar 77,12%. Hal itu tidak bisa dibiarkan saja mengingat 2045 merupakan generasi emas Indonesia dimana mereka pada masa itu memasuki usia yang matang. Berdasarkan hasil pengukuran tersebut penulis mencari informasi dan melakukan pengamatan di SDN Lidah Kulon 1 Surabaya yang mana siswa kelas V memiliki persentase nilai pengetahuan 91,22% dan keterampilan sebesar 93,10% akan tetapi pada proses pembelajaran kenyataannya kebugaran siswa menyimpang karena siswa sering mencari tempat yang teduh. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian karena menyadari betapa pentingnya kebugaran jasmani siswa dalam mempersiapkan diri menuju generasi Indonesia emas tahun 2045.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar melalui variasi dan kombinasi gerak dasar yang menerapkan bentuk variasi dan kombinasi gerak dasar lari, lompat, dan lempar. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen murni. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas V dengan jumlah keseluruhan siswa 116 anak. Teknik penarikan sampel menerapkan teknik cluster random sampling yang didapatkan oleh kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan VB sebagai kelompok kontrol total sampel sebanyak 57 siswa yang dilaksanakan di SDN Lidah Kulon 1 Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk anak usia 10-12 tahun terdiri dari lima item tes yaitu 1) Lari 40 meter, 2) tes gantung siku tekuk, 3) baring duduk 60 detik, 4) loncat tegak, dan 5) lari 600 meter, sedangkan analisis data menggunakan uji Paired Sample T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kebugaran jasmani siswa pada kedua kelompok. Hal tersebut dapat dilihat melalui uji paired sample t-test yang menunjukkan nilai sig (2-tailed) < 0,05 pada masing-masing kedua kelompok yang berarti terdapat peningkatan kebugaran jasmani siswa sekolah dasar. selain itu, hasil persentase peningkatan kebugaran jasmani siswa adalah sebagai berikut: 1) Kebugaran jasmani kelompok eksperimen mengalami kenaikan sebesar 11,96%, dan 2) kelompok kontrol mengalami kenaikan sebesar 5,66%. Peningkatan kelompok eksperimen lebih besar karena dalam proses pembelajaran siswa lebih aktif bertanya dan tertarik terhadap bentuk variasi dan kombinasi gerak dasar.
Kata Kunci: Kebugaran jasmani, variasi dan kombinasi.
ABSTRACK
Name : Dymas Igo Frantio
Study Program : S1 Physical Education, Health, and Recreation
Institution : State University Of Surabaya
Faculty : Faculty Of Sport Science
University Advisor : Vega Candra Dinata, S.Pd., M.Pd.
The fitness level of national students based on the measurement of the Sport Development Index team in 2023 for children aged 10-15 years totaling 1.578 children spread across 34 provinces shows that the fitness level of national students is concerning with details of children who are in the good or more category only 6,79% while children who are in the category of less and very less are 77,12%. This cannot be ignored considering that 2045 is Indonesia’s golden generation where they are entering a mature age. Based on the results of these measurements, the author seeks information and makes observations at SDN Lidah Kulon 1 Surabaya where class V students had a percentage of knowledge scores of 91,22% and skills of 93,10% but in the learning process, in fact student fitness deviated because students often sought shady places. Therefore, the authors conducted research because he realized how important students physical fitness is in preparing themselves for the golden Indonesian generation in 2045.
The purpose of this study was to determine the improvement of physical fitness of elementary school students through variations and combinations of basic movements that apply the form of variations and combinations of basic movements of running, jumping, and throwing. This research is classified as pure experimental research. The population in this study were all fifth graders with a total of 116 students. The sample withdraw technique applies cluster random sampling technique obtained by class VA as the experimental group and VB as the control group with a total sample of 57 students conducted at SDN Lidah Kulon 1 Surabaya. In this study using the Indonesian Physical Fitness Test (TKJI) instrument for children aged 10-12 years consist of five items, namely 1) Run 40 meters, 2) Hanging elbow bend test, 3) Lying sitting 60 seconds, 4) jumping upright, and 5) running 600 meters, while data analysis uses the Paired Sample T-Test.
The result showed that there was an increase in students physical fitness in both group. This can be seen through the paired samples t-test which show the sig value (2-tailed) < 0,05 in each of the two group which means that there is an increase in the physical fitness of elementary school students. In addition, the result of the percentage increase in students physical fitness are as follows: 1) the physical fitness of the experimental group increased by 11,96%, and 2) the control group increased by 5,66%. The increase in the experimental group was greater because in the learning process students were more active in asking questions and were interested in the form of variations and combinations of basic movements.
Keywords: Physical fitness, variations and combinations.