Pengembangan Media Pembelajaran Fluida Dinamis Berbasis Articulate Storyline Untuk Siswa Kelas XI SMA
Development of Articulate Storyline-based Dynamic Fluid Learning Media For Grade XI High School Students
Articulate Storyline (AS) adalah perangkat lunak pembuat media pembelajaran yang menyajikan materi dengan alur cerita. Adanya karakter yang ditambahkan menjadikan media pembelajaran lebih interaktif dan lebih mengidupkan cerita yang disajikan. Penggunaan AS diharapkan dapat menarik minat belajar siswa. Topik yang digunakan pada media pembelajaran yang dikembangkan yakni Fluida Dinamis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang media pembelajaran Fisika yang mengimplementasikan teori-teori Fluida Dinamis ke dalam sebuah alur cerita menggunakan Articulate Storyline. Menurut teori pembelajaran kontekstual, pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang aplikatif dengan kehidupan sehari-hari. Untuk pengembangan media lebih lanjut, peneliti berencana mengangkat kehidupan tukang pipa dan mengkaitkannya dengan materi Fluida Dinamis sesuai Kurikulum SMA. Metode yang digunakan pad penelitian ini yakni Research and Development (R&D). Media dapat digunakan melalui web dan android. Penelitian ini menyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dengan nilai validitas sebesar 90,71% tergolong dalam kategori sangat valid. Respon positif siswa terhadap media sebesar 99,16% yang tergolong dalam kategori sangat baik. Persentase ketuntasan kegiatan belajar melalui tes pemahaman didapatkan sebesar 84.4% yang tergolong dalam kategori sangat baik..
Kata kunci: Articulate Storyline; Fluida Dinamis; Media Pembelajaran; Android
Articulate Storyline (AS) is a learning media creation software that presents materials with storylines. The presence of added characters makes the learning media more interactive and more immersed in the story presented. The use of characters is expected to appeal to students learning. The purpose of this research is to design a physics learning medium that implements Dynamic Fluid theories into a storyline using an Articulate Storyline. According to contextual learning theory, good learning is learning that is applicable to daily life. The topic used in the learning media developed is Dynamic Fluid. For further media development, researchers plan to raise the life of a plumber and associate it with Dynamic Fluid materials according to the High School Curriculum. The method used in this study is Research and Development (R&D). Media can be used via web and android. This study stated that the learning media developed is worth using with a validity value of 90.71% classified as very valid. The positive response of students to the media by 99.16%, which belongs to the category, is very good. The percentage of learning activities completed through the comprehension test was 84.4%, which falls into the category of very good.
Keywords : Articulate Storyline; Dynamic Fluid; Learning Media; Android