Efek Penggunaan Teknik Simulasi terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
The Effect of Simulation Technique on Enhancing Vocational High School Students' Speaking Skill
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efek dari penggunaan Teknik Simulasi terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Penelitian ini dilakukan di salah satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Kota Surabaya, dengan melibatkan 60 orang siswa dari Jurusan Administrasi Perkantoran. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experimental. Terdapat dua kelas yang diteliti, yakni Kelompok Eksperimen dan Kelompok Kontrol yang mana masing-masing kelompok terdiri atas 30 orang siswa. Kelompok Eksperimen diajarkan menggunakan Teknik Simulasi, sedangkan Kelompok Kontrol tanpa Teknik Simulasi. Hasil dari data penelitian selanjutnya dianalisa menggunakan T-Test dan disajikan dalam bentuk data kuantitatif. Berdasarkan hasil dari penelitian, Teknik Simulasi dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa SMK. Besar efek dalam penggunaan Teknik Simulasi dihitung menggunakan Cohen’s d dan terhitung tinggi. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajarkan menggunakan Teknik Simulasi mendapatkan skor lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan Teknik Simulasi.
This research aims to discover the effect of Simulation Technique on enhancing Vocational High School students’ speaking skill. This study was conducted at one of Vocational High School in Surabaya. It involved 60 students majoring in Office Administration program. The research design used by the researcher was Quasi Experimental. There were two classes that had been investigated, Experimental and Control Group. Each group consisted of 30 students in total. Experimental Group was taught using Simulation Technique, while Control Group was taught using the conventional method. The researcher analyzed the data using T-Test and presented it in the form of Quantitative data (number). According to the result of this study, Simulation Technique is effective to help enhance Vocational High School students’ speaking skill. The effect size of Simulation Technique was calculated using Cohen’s d and it was classified as large effect. In conclusion, the students who were taught using Simulation Technique achieve the better score rather than those who were not.