The Influence of Financial Literacy, Locus of Control, Income, and Hedonism Lifestyle on the Financial Management Behavior of Generation Z
Pertumbuhan penduduk merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi, di mana peningkatan daya beli masyarakat mengakibatkan perilaku konsumtif karena perkembangan zaman dan teknologi di era globalisasi saat ini membawa perubahan dan kemajuan dalam segala hal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, locus of control, pendapatan, dan gaya hidup hedonisme terhadap perilaku pengelolaan keuangan generasi Z di Jawa Timur. Penelitian kuantitatif konklusif kausalitas dan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Jumlah sampel sebanyak 422 responden dengan menggunakan purposive sampling, data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh literasi keuangan, locus of control, dan gaya hidup hedonisme terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Namun, tidak ada pengaruh pendapatan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Penelitian ini mengandung makna bahwa dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi pengelolaan keuangan, masyarakat khususnya generasi Z diharapkan dapat meningkatkan perilaku pengelolaan keuangannya untuk mencapai kesejahteraan keuangan.
Population growth is a factor that can affect economic growth, where increasing people's purchasing power results in consumptive behaviour because the development of the times and technology in the current era of globalization brings changes and progress in all things. This study aims to analyze the influence of financial literacy, locus of control, income, and hedonism lifestyle on the financial management behaviour of the Z generation in East Java. This quantitative conclusive causality research and data analysis technique use multiple linear regression. The sample number was 422 respondents using purposive sampling, data obtained by distributing an online questionnaire. The findings show that there is an influence of financial literacy, locus of control, and hedonism lifestyle on financial management behaviour. Still, there is no influence of income on financial management behaviour. This study implies that by understanding the factors that influence financial management, the community, especially the Z generation, is expected to improve their financial management behaviour to achieve financial welfare.