IMPROVING STUDENTS' WRITING ABILITY IN PERSONAL RECOUNT TEXT USING GOOGLE JAMBOARD
Menulis merupakan keterampilan yang sangat penting bagi siswa karena merupakan bagian dari komunikasi. Namun, menulis menjadi keterampilan yang sulit untuk dikuasai oleh siswa, karena memerlukan pengembangan kemampuan linguistik dan pengalaman praktis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki keefektifan Google Jamboard dalam meningkatkan kemampuan menulis teks recount pribadi siswa di sebuah sekolah menengah kejuruan swasta di Surabaya. Sebanyak 34 siswa kelas X SMK swasta di Surabaya terlibat. Penelitian kuantitatif ini menggunakan desain pre-experimental tanpa mengikutsertakan kelompok kontrol atau pembanding. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis sebelum dan sesudah penerapan Google Jamboard. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa nilai signifikansi dua sisi (Sig) kurang dari 0,05 yaitu 0,000. Pernyataan ini menyiratkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) telah dianggap dapat diterima. Selanjutnya, data menunjukkan peningkatan yang signifikan pada nilai rata-rata antara pre-test dan post-test, dengan peningkatan sebesar 19,97 poin. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan Google Jamboard meningkatkan kemampuan menulis teks recount pribadi siswa.
Writing is a crucial skill for students since it is part of communication. However, writing becomes a difficult skill to be mastered by students, as it necessitates the development of both linguistic proficiency and practical experience. Consequently, this study aims to investigate the effectiveness of Google Jamboard in improving students' personal recount text writing ability at a private vocational high school in Surabaya. A total of 34 tenth-grade students of a private vocational high school in Surabaya were involved. This quantitative study used a pre-experimental design without including a control or comparison group. The data were collected through a writing test before and after the implementation of Google Jamboard. The data were analyzed using SPSS version 22. The results of the statistical analysis indicate that the two-tailed significance value (Sig) is less than 0.05, specifically 0.000. This statement implies that the alternative hypothesis (Ha) has been considered acceptable. Furthermore, the data demonstrate a significant improvement in the mean score between the pre-test and post-test, with an increase of 19.97 points. The study concluded that using Google Jamboard improved students' personal recount text writing ability.