THE EFFECT OF PRICE AND SALES PROMOTION ON THE PURCHASE DECISION OF BASIC NEEDS IN INDOMARET JALAN. TARUNA NO.40, SRITANJUNG, WAGE, KECAMATAN. TAMAN, SIDOARJO DISTRICT
Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian di Indomaret Jl Taruna 40, Sritanjung, Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dan pengambilan data menggunakan purposive sampling.Dalam penelitian ini jumlah responden sebanyak 98 orang. Sampel dalam penelitian ini ialah konsumen yang sedang berkunjung dan membeli produk di Indomaret Jl. Taruna 40, Sritanjung, Wage, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya variabel harga (X1) secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel promosi (X2) secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan secara simultan atau bersama-sama variabel harga (X1) dan variabel promosi (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
This study aims to determine the effect of price and sales promotion on purchasing decisions at Indomaret Jl. Taruna No. 40, Sritanjung, Wage, Kec. Taman, Sidoarjo Regency. This type of research is quantitative research by means of the sampling technique, namely purposive sampling where in this study the number of respondents was 89 respondents. The technique of collecting data through distributing questionnaires. The sample in this study is consumers who are visiting and have purchased products at Indomaret Jl. Taruna No. 40, Sritanjung, Wage, Kec. Taman, Sidoarjo Regency. The results of this study indicate that the price variable (X1) has a partially significant effect on purchasing decisions, while the sales promotion variable (X2) has a partially significant effect on purchasing decisions (Y) and the price variable (X1) and sales promotion variables (X2) have an effect. simultaneously to purchasing decisions.