Abstrak
Binawati, Ariesa Restianti. 2020. Pengembangan Modul berbasis Hypermedia untuk
Meningkatkan Penguasaan Bahasa Bidang Foetik dan Kemandirian Belajar Siswa
Kelas X SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo . Tesis. Program Studi Teknologi
Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I)
Dr. H. Bachtiar S. Bachri, M.Pd., dan (II) Dr. Fajar Arianto, M.Pd.
Kata
Kunci
: Modul berbasis Hypermedia , Fonetik,
Kemandirian Belajar
Bahasa Mandarin merupakan bahasa
yang bernada, apabila salah melafalkan nada maka akan berbeda makna, maka
pembelajaran bahasa Mandarin menbutuhkan pendamping yang dapat memberitahu
pelafalan yang benar. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis hypermedia dan mengetahui keefektifan
penggunaan modul berbasis hypermedia
untuk meningkatkan penguasaan bahasa bidang fonetik; serta mengetahui
keefektifan penggunaan modul berbasis hypermedia
untuk meningkatkan kemandirian belajar.
Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE dengan 5
tahapan yakni analisis, desain, pengembangan, implementasi serta evaluasi.
Pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian unjuk kerja dan angket
kemandirian belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji independent sample t-test .
Kelayakan modul berbasis hypermedia diperoleh dari validasi media
dan validasi materi yang menyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil
uji independent sample t-test
keefektifan modul berbasis hypermedia
untuk meningkatkan penguasaan bahasa bidang fonetik memperoleh niai
probabilitas 0,00<0,05 maknanya adanya perbedaan yang signifikan. Hasil uji independent sample t-test keefektifan
modul berbasis hypermedia untuk
meningkatkan kemandirian belajar memperoleh nilai probabilitas 0,014<0,05
maknanya ada perbedaan yang signifikan.
Pengembangan modul berbasis hypermedia efektif digunakan untuk meningkatkan penguasaan bahasa
bidang fonetik serta kemandirian belajar dengan bukti adanya peningkatan pada
keduanya. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menyempurnakan modul berbasis
hypermedia serta mengembangkan dalam
tema lain.