PENGARUH PENGGUNAAN ALAT BANTU KETEPATAN TENDANGAN DEPAN (PECING PAD) TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PENCAK SILAT
THE EFFECT OF USING A FRONT KICK ACCURACY TOOL (PECING PAD) ON LEARNING INTEREST AND LEARNING OUTCOMES IN PENCAK SILAT SKILLS
Minat belajar adalah suatu yang harus di punya oleh setiap siswa. Minat belajar akan berdampak positif apabila kekuatan dan kemampuan yang dimiliki akan diyakini untuk sesuatu yang berhasil. Minat yang dimiliki siswa akan berpengaruh dalam suatu tujuan, siswa jika mempunyai minat dengan kategori yang tinggi akan lebih memiliki motivasi yang tinggi juga untuk memcapai suatu hasil dari tujuan. Adapun faktor guna menumbuhkan minat dalam diri salah satunya itu adalah kemampuan yang cukup pada setiap materi yang akan siswa laksanakan.
Pencak silat merupakan mata pelajaran yang jarang dilakukan di sekolah. Karena kurangnya pendidik yang mengetahui tentang pencak silat dan juga pencak silat merupakan cabang olahraga yang lumayan berbahaya jadi jika dilaksanakn di sekolah harus adanya penjagaan yang ketat terhadap siswa. Karena pencak silat adalah cabang olahraga jaman dahulu yang harus dilestarikan budanya, bisa saja jika dilaksanakan di sekolah akan monoton. Namun, sebagai pendidik juga bisa melakukan inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran pencak silat tanpa menghilangkan budaya pencak silat.
Penelitian ini memberi inovasi pembelajaran pencak silat dengan menggunakan alat pecing pad yang digunakan dalam pembelajaran. Alat tersebut diharap memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar keterampilan pencak silat materi tendangan depan. Instrumen yang digunakan adalah rubric penilaian gerakan dasar tendangan depan pencak silat yang sudah ada indikator penilaian dan juga menggunakan angket minat belajar yang terdiri dari 35 indikator.
Penelitian dilaksanakan pada siswa siswi kelas V berjumlahkan 29 siswa dengan hasil adanya peningkatan yang dinilai melalui hasil Minat Belajar sebesar 50,31% dengan kategori sedang, serta melalui Rubrik Penilaian Hasil Belajar dengan nilai peningkatan sebesar 61,42% dengan kategori sedang. Simpulan adanya pengaruh minat belajar dan hasil belajar keterampilan pencak silat menggunakan alat bantu pecing pad dapat dilihat dari hasil pre test dan post test dengan hasil perhitungan peningkatan setelah diberikannya pembelajaran pencak silat menggunakan alat bantu dengan hasil peningkatan Angket Minat Belajar sebesar 10,52 dan Hasil Belajar tendangan depan pencak silat dengan peningkatan 9,03.
Kata Kunci : Pencak Silat, Pecing Pad, Minat Belajar, Hasil Belajar
Interest in learning is something that every student must possess. A strong interest in learning will have a positive impact when the strengths and abilities they have are believed to lead to success. The interest that students have will influence their goals; students with high interest will have greater motivation to achieve those goals. One factor that can nurture interest is having sufficient ability in each subject that the students will undertake.
Pencak silat is a subject that is rarely practiced in schools. Due to the lack of educators knowledgeable about pencak silat and the fact that it is a relatively dangerous sport, its implementation in schools requires strict supervision of students. As pencak silat is a traditional sport that should be preserved, its practice in schools may become monotonous. However, educators can innovate in the teaching of pencak silat without losing the cultural elements of the sport.
This research offers an innovative approach to teaching pencak silat using a pecing pad as a learning tool. The aim of this tool is to increase interest in learning and the skill acquisition of pencak silat, specifically in the front kick material. The instruments used include a rubric for assessing the basic movements of the front kick in pencak silat, which has established assessment indicators, as well as a learning interest questionnaire consisting of 35 indicators.
The research was conducted in a fifth-grade class with 29 students, resulting in an increase in the assessed Learning Interest by 50.31%, categorized as moderate, and through the Assessment Rubric for Learning Outcomes, an increase of 61.42%, also categorized as moderate. The conclusion indicates that there is an influence of learning interest and learning outcomes in the skills of pencak silat using the pecing pad tool, as seen from the pre-test and post-test results, with an increase in the Learning Interest Questionnaire by 10.52 and an increase in Learning Outcomes for the front kick in pencak silat by 9.03.
Keywords: Pencak Silat, Pecing Pad, Learning Interest, Learning Outcomes