KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS PEMBANTU DESA KEDUNGDOWO KECAMATAN SUGIHWARAS KABUPATEN BOJONEGORO
Health Service Quality in Auxiliary Puskesmas Kedungdowo Village Sugihwaras District Bojonegoro Regency
Kualitas Pelayanan Kesehatan pada
Puskesmas Pembantu Desa Kedungdowo Kecamatan Sugihwaras
Kabupaten Bojonegoro
Nama : Rohmat Abidin
NIM : 21040674413
Program Studi : S1 Ilmu Administrasi Negara
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dra. Meirinawari, M.AP.
Pelayanan publik bidang kesehatan tingkat dasar dilakukan oleh Puskesmas Pembantu. Puskesmas pembantu adalah komponen dari puskesmas yang bertujuan untuk meningkatkan cakupan lebih luas dan bobot layanan kesehatan terhadap masyarakat (Permenkes 43 tahun 2019). Pelayanan kesehatan merupakan tanggunjawab Pemerintah yang harus dilaksanakan dengan merata dan terjangkau agar tercapai kesejahteraan masyarakat. Pelayanan kesehatan Pada Puskesmas Pembantu Desa Kedungdowo dinilai perlu untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas untuk meninkatkan kesejateraan masyarakat Desa. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui dan memberikan gambaran kualitas layanan kesehatan pada Puskesmas Pembantu Desa Kedungdowo Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro. Data yang terkumpul menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian menggunakan teori Kotler (2012:284) dengan 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan. Berikut lima dimensi kualitas pelayanan dan hasil penelitian yaitu 1) Tangibles (Bukti fisik) pada Puskesmas Pembantu Desa Kedungdowo masih perlu peningkatan agar tercapai kualitas pelayanan yang baik, 2) Empathy (Empati) Sikap petugas kesehatan dalam pelayanan kesehatan sudah menunjukkan dimensi kualitas pelayanan, 3) Realibility (Keandalan) perlu adanya peninkatan layanan untuk mewujudkan kualitas pelayanan, 4) Responsiviness (Daya tanggap) sudah menunjukan kualitas, petugas memahami kebutuhan masyarakat, pelayanan cepat dan baik, segera menyelesaikan masalah ketika ada kejadian penyakit menular dan memberikan informasi tentang kesehatan. 5) Assurance (Jaminan) sudah baik, rasa ramah dan sopan petugas dalam melayani, serta komunikasi terjalan baik, memberikan layanan obat yang sesuai, mendampingi rujukan pasien, memberikan perhatian pada pasien dengan kunjungan rumah.
Kata Kunci : Pelayanan Publik, Kualitas Pelayanan, Pelayanan Kesehatan
Public services in the basic health sector are carried out by Puskesmas Auxiliary which is part of the puskesmas which aims to improve the reach and quality of health services for the community in their work area (Permenkes 43 of 2019). Health services are the responsibility of the Government that must be implemented evenly and affordably in order to achieve public welfare. Health services at the Kedungdowo Village Sub-Health Center are considered necessary to provide quality health services to improve the welfare of the village community. The purpose of this study is to determine and describe the quality of health services at the Kedungdowo Village Sub-Health Center, Sugihwaras District, Bojonegoro Regency. Data was collected by observation, interview, and documentation techniques. The focus of this research uses Kotler's theory (2012: 284) with 5 (five) dimensions of service quality. Here are five dimensions of service quality and research results, namely 1) Tangibles (physical evidence) at the Kedungdowo Village Sub-Health Center still need improvement in order to achieve good service quality, 2) Empathy The attitude of health workers in health services has shown the dimensions of service quality, 3) Reliability (Reliability) there needs to be an increase in service to realize service quality, 4) Responsiviness (responsiveness) has shown quality, Officers understand the needs of the community, fast and good service, immediately solve problems when there is an infectious disease incident and provide information about health. 5) Assurance (Assurance) has good service, friendliness and courtesy of officers in serving, as well as effective communication, providing appropriate treatment, accompanying patient referrals, paying attention to patients with home visits.
Keywords : Public Service, Quality of Service, Health Service.