Miskonsepsi merupakan suatu pandangan yang salah mengenai suatu konsep yang telah dimiliki seseorang tetapi memiliki perbedaan konsep yang sudah disepakati dan dianggap benar oleh para ahli yang bersifat resisten dan persisten. Miskonsepsi terjadi di berbagai bidang termasuk pada materi Dinamika Rotasi. Miskonsepsi dapat dihilangkan apabila letak miskonsepsi dapat teridentifikasi terlebih dahulu menggunakan instrumen tes miskonsepsi, salah satunya menggunakan four-tier test. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas soal ditinjau dari aspek validitas dan reliabilitas dan mengidentifikasi profil miskonsepsi siswa pada materi Dinamika Rotasi. Validitas instrumen ditinjau dari validitas internal yang meliputi ranah isi, konstruk, dan bahasa dan validitas eksternal terdiri dari yang meliputi validitas empiris isi dan validitas empiris konstruk. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi. Pada penelitian ini digunakan persamaan korelasi Product Moment untuk menentukan validitas dan koefisien Spearman Brown untuk menentukan reliabilitas produk instrumen tes. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa instrumen tes diagnostik memiliki validitas internal untuk ranah isi, konstruk, dan bahasa berturut-turut sebesar 84,38 %, 80,00 %, dan 79,17 %. Validitas empiris isi terpenuhi dengan masing-masing nilai false positives dan false negatives adalah sebesar 5,93 % dan 4,21 %. Validitas empiris konstruk adalah 0,52. Reliabilitas instrumen menunjukkan bahwa rhitung = 0,757. Persentase profil miskonsepsi siswa kelas XI IPA 1 yang teridentifikasi adalah sebesar 35 %. Dari total 32 siswa, 4 siswa dikategorikan mengalami miskonsepsi tinggi, 24 siswa mengalami miskonsepsi dengan persentase sedang, dan sisanya dikategorikan mengalami miskonsepsi dengan persentase yang rendah. Persentase profil miskonsepsi siswa kelas XI IPA 2 yang teridentifikasi adalah sebesar 34 %. Dari total 31 siswa, 3 siswa dikategorikan mengalami miskonsepsi tinggi, 23 siswa mengalami miskonsepsi dengan persentase sedang, dan sisanya dikategorikan mengalami miskonsepsi dengan persentase yang rendah. Persentase profil miskonsepsi siswa kelas XI IPA 3 yang teridentifikasi adalah sebesar 27 %. Dari total 26 siswa, 6 siswa dikategorikan mengalami miskonsepsi tinggi, 13 siswa mengalami miskonsepsi dengan persentase sedang, dan sisanya dikategorikan mengalami miskonsepsi dengan persentase yang rendah.
Kata kunci: Miskonsepsi, Four-tier Test, Dinamika Rotasi
The misconception is a view of a concept that has been owned by a person but a concept that has been agreed upon and are considered true by experts who are persistent and resistant. Misconceptions occur in various fields including the material about Rotational Dynamics. Misconceptions can be corrected if it can be identified using a misconception test instrument, one of which uses of a four-tier test. The aim of this study was to determine the quality of the questions in terms of validity and reliability aspects and to identify student’s misconception profiles on the Rotational Dynamics. The validity covered the internal validity which was evaluated from the aspect of content, constructs, and the language of the instrument and the external validity which covered the empirical content validity and empirical construct validity. The data was collected using the validation instrument. The Product Moment correlation and the Spearman Brown coefficient were employed to analyze the instrument validity and realibility. The used instrument has the internal validity of 84,38%, 80,00%, and 79,17% each for the content, construct, and language aspect. The empirical content validity contained false positives and false negatives values of 5.93% and 4.21% respectively. The empirical construct validity of the whole instrument is 0.52. The reliability of the instrument shows that the rcalculated = 0.757. The identified misconception profiles of the students in class XI IPA 1 is 35 %. Among the total 32 students, 4 of them were classified as having a high level of misconception, 24 students were having moderate level of misconception and the rest is having low level of misconception. The identified misconception profiles of the students in class XI IPA 2 is 34 %. Among the total 31 students, 3 of them were classified as having a high level of misconception, 23 students were having moderate level of misconception and the rest is having low level of misconception. The identified misconception profiles of the students in class XI IPA 3 is 27 %. Among the total 26 students, 6 of them were classified as having a high level of misconception, 13 students were having moderate level of misconception and the rest is having low level of misconception.
Keywords: Misconception, Four-tier Test, Rotational Dynamics