Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), aktivitas peserta didik, hasil belajar ranah keterampilan berpikir kritis, hasil belajar ranah pengetahuan dan kompetensi sosial peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan One Shot Case Study dan One-Group Pretest-Posttest Design. Sasaran penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA 5 SMAN 14 Surabaya. Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TAI diperoleh persentase rata-rata sebesar 80,24% pada pertemuan pertama, 90,32% pertemuan kedua dan 97,77% pertemuan ketiga dengan kategori baik dan sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik yang relevan lebih besar dibandingkan aktivitas tidak relevan yang diamati selama tiga kali pertemuan. (3) Peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dibuktikan dengan nilai rata-rata N-gain pada indikator interpretasi sebesar 0,81 (tinggi), inferensi sebesar 0,87 (tinggi), analisis sebesar 0,89 (tinggi) dan eksplanasi sebesar 0,89 (tinggi). (4) Hasil belajar ranah pengetahuan peserta didik pada materi kesetimbangan kimia memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 94,44%. (5) Kompetensi sosial peserta didik pada aspek bertanya mengalami peningkatan dalam hal jumlah pertanyaan dan jumlah pendapat dari pertemuan pertama, kedua dan ketiga secara berturut-turut 55, 67, 83, serta pada aspek berpendapat secara berturut-turut 41, 61, dan 78.
Kata kunci: kooperatif tipe TAI, keterampilan berpikir kritis, kesetimbangan kimia.
This research aims to describe the feasibility of cooperative learning model type Team Assisted Individualization (TAI), the student activities during learning, the students critical thinking skills, the learning outcomes of students knowledge and the students social ability.The subject of this research were students in class XI IPA 5 SMAN 14 Surabaya. The type of this research is pre experimental design with One Shot Case Study and One-Group Pretest-Posttest Design. The results of this research explained that (1) The quality of implementation cooperative learning model type TAI obtained the average percentage in meeting I was 80.24%, meeting II was 90.32% and meeting III was 97.77%; (2) The relevant of student’s activity compared to the irrelevant activity; (3)The students critical thinking skills have improved after the implementation of cooperative learning model type TAI as evidenced by the average value of N-gain in the interpretation indicator of 0.81 (high), inference of 0.87 (high), analysis of 0.89 (high) and explanation i of 0.89 (high); (4)The learning outcomes of students knowledge on chemical equilibrium topic obtained classical completeness equal to 94,44%; (5) The students social ability that asked aspect have improved 55, 67, 83 and the opinion aspect have improved 41,61 and 78 during three meetings.
Keywords: cooperative learning type TAI, critical thinking skills, chemical equilibrium