Feasibility Of Student's Worksheets With PhET To Train Student's Science Literacy in Acid-Base Materials
Literasi sains adalah kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik untuk mengidentifikasi pernyataan, menemukan pengetahuan baru dan mengambil keputusan berdasarkan fenomena yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Literasi sains ini dapat dibantu dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik. Telah dilakukan penelitian kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik dengan PhET untuk melatihkan literasi sains peserta didik pada materi asam basa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan yang didasarkan pada validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari LKPD yang dikembangkan. Prosedur penelitian pengembangan yang dilakukan menganut langkah pengembangan produk yaitu model ADDIE. Kelayakan LKPD ditinjau dari aspek validitas dan diperoleh berdasarkan hasil penilaian validasi oleh validator yang terdiri dari dua dosen kimia dan satu guru kimia. Hasil validasi oleh para ahli mendapatkan kriteria valid pada validasi isi dan validasi konstruk. Kelayakan dari aspek kepraktisan ditinjau dari respons peserta didik yang mendapatkan persentase sebesar 90%-100% dengan kategori sangat praktis dan didukung dengan hasil observasi aktivitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan LKPD diperoleh persentase pada aktivitas yang relevan sebesar 97,14 pada pertemuan 1 dan 97,62% pada pertemuan 2. Kelayakan dari aspek keefektifan ditinjau dari hasil tes kemampuan literasi sains yang mengalami peningkatan dengan nilai signifikansi uji t <0,05 dan uji kecocokan antara kemampuan literasi sains pada posttest dengan lembar kerja peserta didik dengan Chihitung≥Chitabel sebesar 46,174≥9,4888 sehingga LKPD dengan PhET untuk melatihkan literasi sains pada materi asam basa dinyatakan efektif.
Kata kunci: LKPD, literasi sains, PhET, asam basa
Scientific literacy is the ability possessed by students to identify statements, find new knowledge and make decisions based on phenomena that occur in everyday life. This scientific literacy can be assisted by using Student Worksheets. Research on the feasibility of Student Worksheets with PhET has been carried out to train students' scientific literacy in acid-base materials. This study aims to determine the feasibility based on the validity, practicality, and effectiveness of the developed LKPD. The development research procedure carried out adheres to the product development step, namely the ADDIE model. The eligibility of LKPD is reviewed from the aspect of validity and is obtained based on the results of validation assessments by validators consisting of two chemistry lecturers and one chemistry teacher. The results of validation by experts get valid criteria for content validation and construct validation. Feasibility from the practicality aspect in terms of the responses of students who get a percentage of 90% -100% in the very practical category and is supported by the results of observations of students' activities during learning using LKPD, the percentage of relevant activities is 97.14 at meetings 1 and 97, 62% at meeting 2. Feasibility from the aspect of effectiveness in terms of the results of the scientific literacy ability test which has increased with a significance value of the t test <0.05 and the compatibility test between scientific literacy abilities in the posttest with student worksheets with Chicount≥Chitabel of 46,174≥ 9,4888 so that the LKPD with PhET to train scientific literacy on acid-base material is declared effective.
Keywords: Student Worksheet, Science literacy, PhET, Acid-Base