ABSTRAK
Wahyudi,
Riswan. 2018. Pengaruh Project Based Learning terhadap Keterampilan
Metakognitif dan Kemampuan Memahami Konsep Peserta Didik Kelas XII pada Mata
Pelajaran Teknik Listrik. Disertasi, Program Studi Teknologi
Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1)
Prof. Dr. Rusijono, M.Pd., dan (2) Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd.
Kata Kunci : Project
Based Learning, Keterampilan Metakognitif, Kemampuan
Memahami Konsep.
Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui pengaruh
model pembelajaran PjBL
terhadap keterampilan metakognitif , mengetahui pengaruh dari
model pembelajaran PjBL terhadap pemahaman konsep dan untuk mengetahui korelasi
keterampilan metakognitif terhadap pemahaman konsep yang dilakukan dengan dua
kondisi kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Untuk kelas kontrol dilakukan
pengambilan data peserta didik di SMK Siang Surabaya dan SMK KAL-2 Surabaya,
sementara itu untuk kelas eksperimen dilakukan pengambilan data peserta didik
di SMK Pelayaran Bhakti Samudera dengan jumlah peserta didik keseluruhan
berjumlah 56 peserta didik.
Hipotesis
dengan rumusan masalah adakah pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap
keterampilan metakognitif ?.
Hasil uji independent sample t-test yang
diperoleh dengan menggunakan SPSS menunjukkan nilai t: -3.727, Sig
(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05, artinya
diterima
sedangkan
ditolak. Dasar pengambilan keputusan jika 0,00
< 0,05 artinya
diterima
sedangkan
ditolak, sehingga dapat disimpulkan ada
pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap
keterampilan metakognitif peserta didik SMK Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya
Hipotesis dengan rumusan masalah adakah
pengaruh pengaruh model pembelajaran PjBL terhadap pemahaman konsep ?.
Hasil
uji independent sample t-test yang diperoleh dengan menggunakan SPSS
menunjukkan nilai t: -2.550, Sig (2-tailed) sebesar 0,041. Dasar pengambilan keputusan jika 0,014 <
0,05 artinya
diterima
sedangkan
ditolak, sehingga dapat disimpulkan ada
pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap
pemahaman konsep Mata Pelajaran Teknik Listrik (MPTL) peserta didik SMK
Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya.
Hipotesis dengan rumusan masalah adakah
korelasi keterampilan metakognitif terhadap pemahaman konsep?.
Hasil
korelasi Pearson Product Moment diperoleh dengan menggunakan SPSS yang
menunjukkan nilai t: 0,595, Sig (2-tailed) sebesar 0,001. Dasar pengambilan
keputusan jika 0,001 < 0,05 artinya
diterima sedangkan
ditolak, sehingga dapat disimpulkan ada korelasi
keterampilan metakognitif terhadap pemahaman konsep Mata Pelajaran Teknik
Listrik (MPTL) peserta didik SMK Pelayaran Bhakti Samudera Surabaya.