ABSTRAK
IMPLEMENTASI BUDAYA 5S (SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN, DAN SANTUN) DI SDN SURUH SIDOARJO
Nama : Fitrotul Maulidah
NIM : 14010644040
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd.
Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) merupakan salah satu upaya penanaman nilai dan pengembangan karakter siswa. Nilai-nilai yang diharapkan melalui budaya 5S atau pembiasaan terhadap siswa untuk senantiasa tersenyum, bertegur sapa, memberikan salam, bersikap sopan, dan santun terhadap orang lain adalah siswa dapat bersikap ramah tamah, saling menghormati, saling menghargai serta berperilaku sopan, dan santun. Implementasi budaya 5S di SDN Suruh belum diketahui sejauh mana aspek-aspek tersebut sudah dilakukan oleh warga sekolah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi budaya senyum, sapa, salam, sopan, dan santun terhadap warga sekolah SDN Suruh Sidoarjo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah populatif dan proportional startified random sampling. Pada sampel populatif terdapat 17 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, dan Karyawan. Sedangkan untuk proportional startified random sampling terdiri 66 siswa dari 322 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket, lembar observasi, dan lembar wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif berbentuk tabulasi data, frekuensi dan persentase. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji validitas konstruk oleh tim ahli. Setelah dilakukan penelitian, dilakukan uji normalitas menggunakan SPSS versi 25.0 diketahui bersifat normal yakni data yang disebarkan sudah mewakili populasi.
Aspek budaya sekolah yang diukur meliputi budaya senyum, sapa, salam, sopan, dan santun. Hasil analisis data dalam penentuan kecenderungan variabel pada aspek budaya senyum berada pada kategori “cukup” (90,37%) , pada aspek budaya sapa berada pada kategori “cukup” (61,45%), pada aspek budaya salam berada pada kategori “cukup” (56,63%), sedangkan pada aspek budaya sopan berada pada kategori “baik” (59,04%), dan untuk aspek budaya santun berada pada kategori “cukup” (62,66%). Sehingga hasil penelitian secara keseluruhan dilakukan tabulasi dan persentase dengan hasil Implementasi Budaya 5S Di SDN Suruh Sidoarjo memiliki kecenderungan dalam kategori cukup.
Kata kunci : Budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun).
IMPLEMENTATION OF 5S CULTURE (SENYUM, SAPA, SALAM, SOPAN, DAN SANTUN) IN SDN SURUH SIDOARJO
Name : Fitrotul Maulidah
SIN : 14010644040
Program Study : S-1
Department : Elementary School Teacher Education
Faculty : Faculty of Education
Collage : State University of Surabaya
Mentor : Hendrik Pandu Paksi, S.Pd., M.Pd.
5S Culture (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun) is one of the growing efforts values and character development of students. Expected values through culture 5S or habituation for the students to always smile, greetings, regards, polite, and courteous toward other, so students can be amicable, mutual respect, give appreciation and also polite and courteous. The Implementation of 5S in SDN Suruh not yet known how far these aspects have been done by the school community. So this research aims to describe the implementation the culture of 5S in SDN Suruh Sidoarjo.
This type of research is descriptive quantitative research with survey method. The sampling method in this research are populatif and startified proportional random sampling. In populatif sample there are 17 people consisting the principal, teachers, and employees. As for startified proportional random sampling consist of 66 students from 322 students. The instruments in this research are questionnaire, observation sheets, and interview sheets. Data analysis technique used descriptive quantitative data tabulation form, frequency and percentage. Before conducting research, construct validity test is conducted by experts team. After doing research, normality test is conducted using SPSS 25.0 version which are known to be normally that is, the disseminated data already represents the population.
Aspects of school culture that measured includes smile, greetings, regards, polite, and courteous. The results of data analysis in the determination of variable inclination on the cultural aspects of a smile in the "enough"category (90.37%), the cultural aspects greetings that are in the "enough "category (61.45%), in regards cultural aspects that are in the "enough "category(56.63%), while the cultural aspects polite in the "good"category (59.04%), and for the culture of courteous in the "enough"category(62.66%). So that the overall results of research conducted with the results tabulation and percentage of the implementation of 5S culture In SDN Suruh Sidoarjo have a tendency in enough category.