Pengembangan Literasi Bahan Ajar Tema 1 Diriku Berbasis Aplikasi Lip Motion bagi Siswa Tunarungu
Literacy Development of Teaching Materials Theme 1 Diriku Based on the Lip Motion Application for Deaf Students
Siswa tunarungu mengalami hambatan dalam mengikuti pembelajaran secara online di masa pandemi, terlebih pada pembelajaran literasi. Sebuah alternatif diperlukan untuk memecahkan permasalahan agar siswa tunarungu dapat belajar dan mengembangkan literasi dari rumah. Temuan umum dalam literatur menyebutkan bahwa orangtua mengalami kesulitan dalam memfasilitasi kegiatan literasi di lingkungan rumah. Sejalan dengan berkembangnya teknologi, pengembangan aplikasi sebagai media pembelajaran menjadi sorotan. Berdasarkan kajian tersebut, penelitian ini menawarkan konsep pengembangan literasi yang dikemas dalam bentuk aplikasi Lip Motion. Dengan aplikasi Lip Motion, siswa tunarungu dapat memahami pesan yang disampaikan melalui penguatan oral dalam bentuk video yang diperankan oleh manusia. Penelitian ini menggunakan model prosedural ADDIE, terbatas pada tiga tahapan yaitu tahap analisis, perencanaan, dan pengembangan. Tahap implementasi dan evaluasi tidak dapat dilakukan sebagai dampak dari pandemi Covid 19, dimana pembelajaran tatap muka di sekolah belum diberlakukan. Pada penelitian ini, aplikasi Lip Motion sudah terbukti layak menurut ahli materi dengan perolehan nilai 80%, ahli media dengan perolehan nilai 98%, dan terbukti praktis menurut praktisi dengan perolehan nilai 93%. Aplikasi Lip Motion dapat diakses pada smartphone dan juga laptop tanpa menggunakan internet.
Deaf students experience obstacles in participating in online learning during the pandemic, especially in literacy learning. An alternative is needed to solve the problem so that deaf students can learn and develop literacy from home. The general finding in the literature states that parents have difficulty in facilitating literacy activities in the home environment. In line with the development of technology, application development as a learning medium is in the spotlight. Based on this study, this research offers the concept of literacy development which is packaged in the form of a Lip Motion application. With the Lip Motion application, deaf students can understand the messages conveyed through oral reinforcement in the form of videos played by humans. This study uses the ADDIE procedural model, limited to three stages, namely the analysis, planning, and development stages. The implementation and evaluation stages cannot be carried out as a result of the Covid 19 pandemic, where face-to-face learning in schools has not been implemented. In this study, the Lip Motion application has been proven feasible according to material experts with a score of 80%, media experts with a score of 98%, and proven practical according to practitioners with a score of 93%. The Lip Motion application can be accessed on smartphones and laptops without using the internet.