Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik di SMK NU Gresik
Development of a Flipbook-Based E-Module for Electrical Power Installation Subjects at NU Gresik Vocational School
Kemajuan teknologi merupakan hal mutlak yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan ini, kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang berkembang dengan inovasi. Salah satu media pembelajaran adalah Flipbook. Flipbook adalah suatu metode penyajian materi belajar mandiri yang tersusun dengan teratur, Dengan menggunakan media pembelajaran e-modul berbasis flipbook siswa dapat berinteraksi secara aktif dengan materi pembelajaran yang disajikanJenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Research and Development (R&D) merupakan tahapan yang digunakan dalm mengembangkan suatu produk dengan tahapan kegiatan yang tersetruktur sehingga dapat menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, bertujuan menghasilkan produk yang teruji secra. e-modul berbasis flipbook menggunakan model pengembangan Dick and Carey yaitu model ADDIE. Berdasarkan hasil uji validitas E-Modul berbasis flipbook mendapatkan rata-rata rating sebesar 91,7%. Kemudian pada hasil pengujian N-Gain hasil skor N-Gain dari 28 sample dengan nilai minimum sebesar 0.35 dan nilai maksimum 0.75. sehingga rata-rata skor N-Gain sebesar 0.57%. nilai ini berada pada interval 0.30 ≤ n ≤ 0.70 yang berarti bahwa skor rata-rata N-Gain berada pada kriteria sedang. Berdasarkan kriteria penilaian kelayakan suatu E-Modul dapat disimpulkan bahwa E-Modul mata pelajaran instalasi tenaga listrik kelas XI TITL layak digunakan untuk peserta didik dalam proses belajar mengajar.
Technological progress is an absolute thing that cannot be avoided in thislife, technological progress will run in accordance with scientific progressthat develops with innovation. One of the learning media is Flipbook.Flipbook is a method of presenting independent learning material that isarranged in an orderly manner. By using flipbook-based e-module learning media, students can interact actively with the learning material presented. The type of research used in this research is research anddevelopment (R&D). Research and Development (R&D) is a stage used in developing a product with structured activity stages so that it can produce a product that suits user needs, aiming to produce a product that has been tested properly. The flipbook-based e-module uses the Dick and Carey development model, namely the ADDIE model. Based on the results of the validity test, the flipbook-based E-Module received an average rating of 91.7%. Then in the N-Gain test results, the N-Gains core results from 28 samples with a minimum value of 0.35 and a maximum value of 0.75. so the average N-Gain score is 0.57%. This value is in the interval 0.30 ≤ n ≤ 0.70, which means that the average N-Gain score is in the medium criteria. Based on the criteria for assessing the feasibility of an E-Module, it can be concluded that the E-Module for the class XI TITL electrical power installation subject is suitable for use by students in the teaching and learning process.