PT Indofood Sukses Makmur Tbk merupakan perusahaan yang memproduksi bahan pangan yang sebagian besar berupa makanan siap saji, salah satunya adalah mie instan merek Indomie. Indomie menjadi pemimpin utama di antara merek mie instan yang lainnya, kemudia Indomiemelakukan penambahan produk baru melalui strategi perluasan lini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisi pengaruh antara brand image dan line extension terhadap keputusan pembelian.
Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probality sampling dengan judgmental samling. Sampel yang dibutuhkan sebanyak 220 orang. Dengan kriteria yang sudah pernah membeli indomie salted egg berusia 17-30 tahun di kota Surabaya. Skala pengukuran menggunakan skala likert, pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan secara online, dengan teknik analisi data menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil menunjukkan bahwa Brand Image berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, dan line extension juga menghasilkan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci : brand image, line extension, keputusan pembelian, Indomie, varian produk
PT Indofood Sukses Makmur Tbk is a company that produces food ingredients which are mostly in the form of fast food, one of which is Indomie brand instant noodles. Indomie became the main leader among other instant noodle brands, then Indonesia made new product additions through its line expansion strategy. The purpose of this study is to analyze the effect of brand image and line extension on purchasing decisions.
Sampling using non-probality sampling techniques with judgmental samling. The samples needed are 220 people. With criteria that have already bought indomie salted egg aged 17-30 years in the city of Surabaya. Measurement scale using a Likert scale, data collection using a questionnaire distributed online, with data analysis techniques using multiple regression analysis.
The results show that Brand Image has a positive effect on purchasing decisions, and line extensions also produce a positive effect on purchasing decisions.
Keywords : brand image, line extension, purchasing decisions, Indomie, Product variant