IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI UPT SMPN 27 GRESIK
IMPLEMENTATION OF RELIGIOUS CHARACTER EDUCATION IN PPKn LEARNING AT UPT SMPN 27 GRESIK
Pendidikan karakter religius bertujuan membentuk peserta didik di UPT SMPN 27 Gresik agar menjadi individu lebih baik dan berakhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius dalam pembelajaran PPKn serta hambatan dan solusi dari implementasi pendidikan karakter religius dalam pembelajaran PPKn di UPT SMPN 27 Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Ibu Nur Khasanah selaku guru PPKn kelas IX di UPT SMPN 27 Gresik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Landasan teori pada penelitian ini adalah teori pendidikan karakter oleh Thomas Lickona.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter religius dalam pembelajaran PPKn dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Dalam proses implementasi pendidikan karakter religius mengalami beberapa hambatan hasil penelitian yaitu, 1) kurangnya sarana dan prasarana berupa media serta metode pembelajaran belum bervariatif, 2) lingkungan pergaulan peserta didik dan 3) kurangnya perhatian orang tua. Dari adanya hambatan-hambatan tersebut, maka solusi untuk mengatasinya yaitu 1) guru PPKn membuat pengusulan sarana dan prasarana kepada kepala sekolah dan menciptakan suasana pembelajaran baru dengan mengikuti beberapa kegiatan pelatihan, 2) memberikan nasehat dan motivasi yang mendidik kepada peserta didik yang mempunyai perilaku kurang baik dan mengundang narasumber serta mengadakan kunjungan ke tempat-tempat sosial sebagai bagian dari pembelajaran karakter religius, 3) mengadakan sosialisasi untuk membuat kesepahaman dengan orang tua tentang pentingnya pendidikan karakter religius.
Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Religius, Pembelajaran PPKn
Religious character education aims to shape students at UPT SMPN 27 Gresik to become better individuals and have noble morals. This study aims to determine the implementation of religious character education in PPKn learning as well as obstacles and solutions to the implementation of religious character education in PPKn learning at UPT SMPN 27 Gresik. This study used a qualitative approach of descriptive type. The subject in this study was Mrs. Nur Khasanah as a class IX PPKn teacher at UPT SMPN 27 Gresik. Data collection techniques in this study were carried out through observation, interviews and documentation. Data analysis techniques use the Miles and Huberman model through data collection, data reduction, data presentation and conclusions. The theoretical basis for this study is the theory of character education by Thomas Lickona.
The results of this study show that the implementation of religious character education in PPKn learning is carried out through three stages, namely, learning planning, learning implementation, and learning evaluation. In the process of implementing religious character education, several obstacles to research results have been experienced, namely, 1) lack of facilities and infrastructure in the form of media and learning methods have not been varied, 2) the social environment of students and 3) lack of parental attention. From these obstacles, the solutions to overcome them are 1) PPKn teachers make proposals for facilities and infrastructure to the principal and create a new learning atmosphere by participating in several training activities, 2) providing educational advice and motivation to students who have poor behavior and inviting resource persons and holding visits to social places as part of learning religious character, 3) Conduct socialization to make understanding with parents about the importance of religious character education.
Keywords: Implementation, Character Education, Religious, PPKn Learning