Pendekatan Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Daring di PKBM Budi Utama Surabaya
Constructivistic Approach in Online Learning at PKBM Budi Utama Surabaya
Abstrak:
Lembaga PKBM Budi Utama Surabaya merupakan lembaga pendidikan nonformal yang menyediakan program kejar paket A. Masa pandemi virus covid-19 yang sedang dialami masyarakat menyebabkan kebijakan pemerintah merubah aturan dengan membuat sistem belajar online.Mode konstruktivisme diterapkan pada pembelajaran daring. Pengelolahan kejar paket A yang dilakukan pada pembelajaran adalah serangkaian pengaturan untuk melatih kemandirian dan keterampilan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya proses pembelajaran online, faktor yang menghambat, menciptakan solusi dalam penyelesaiannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi, dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil data kemudian diuji keabsahan data meliputi uji kredibilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas, uji transferabilitas, selanjutnya dianalisis. Kesimpulan menyatakan bahwa adanya kekurangan dan kelebihan dalam melaksanakan pembelajaran daring. Sehingga dapat dinyatakan bahwa adanya proses pembelajaran daring di PKBM Budi Utama Surabaya menimbulkan dampak positif dan dampak negatif dalam pelaksanaannya.
Kata Kunci: Pengelolahan Lembaga, Pembelajaran Daring, Kontruktivisme
Abstract:
The PKBM Budi Utama Surabaya Institute is a non-formal educational institution that provides a package A pursuit program. The Covid-19 pandemic period that is being experienced by the community has caused government policies to change the rules by creating an online learning system. Constructivism mode is applied to online learning. Package A pursuit management carried out in learning is a series of arrangements to train students' independence and skills. This study aims to determine the existence of an online learning process, the inhibiting factors, and create a solution in its completion. This research uses descriptive qualitative research. Data collection techniques in this study were in-depth interviews, observation, and documentation. Techniques of data analysis using reduction, data presentation, drawing conclusions. The results of the data were then tested for the validity of the data including the credibility test, dependability test, confirmability test, transferability test, then analyzed. The conclusion states that there are advantages and disadvantages in implementing online learning. So it can be stated that the online learning process at PKBM Budi Utama Surabaya has positive and negative impacts in its implementation.
Keywords: Institutional Management, Online Learning, Constructivism