ANALYSIS OF PASSENGER SATISFACTION WITH PUBLIC TRANSPORTATION SERVICES BY TRANS JATIM BUS CORRIDOR 2 (SURABAYA-MOJOKERTO)
Bus Trans Jatim Koridor 2 merupakan implementasikan sebagai respons terhadap permintaan akan sarana moda transportasi darat yang memungkinkan seseorang atau kelompok untuk melakukan perjalanan dari berbagai lokasi untuk melakukan kegiatan dengan rute dari Terminal Kertajaya, Mojokerto menuju Halte Medaeng. tujuan penelitian dari penelitian yaitu menganalisis faktor penarik untuk memilih Bus Trans Jatim koridor 2 sebagai moda transportasi dan menganalisis tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan Bus Trans Jatim koridor 2.
Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penarikan sampel menggunakan Acciental Sampling sebanyak 100 orang penumpang. Data primer dalam penelitian tentang analisis kepuasan penumpang terhadap pelayanan Bus Trans Jatim koridor 2 dengan teknik pengumpulan data secara kuesioner dan teknik wawancara kepada 100 penumpang. Data sekunder didapatkan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur.
Berdasarkan hasil penelitian faktor yang menyebabkan para penumpang lebih memilih menggunakan Bus Trans Jatim koridor 2 dikarenakan berbagai hal seperti biaya yang terjangkau, lama tunggu dan lama perjalanan Bus Trans Jatim koridor 2 lebih cepat. Hasil perhitungan rata-rata skor kesebelas indikator yang didapat nilai sebesar 371 yang masuk dalam kategori kelas pertama (Sangat baik). Pada hasil penelitian yang telah dilakukkan menunjukkan bahwa semua variabel menunjukkan diskonfirmasi positif sehingga para pelanggan atau penumpang merasa senang dengan pelayanan yang telah diberikan oleh pihak penyelanggara Bus Trans Jatim koridor 2. Hasil dalam penelitian yang didapatkan ini relevan dengan Oliver (1980) bahwa Kepuasan dihasilkan dari pelanggan dengan standar kinerja yang telah ditentukan. Diskonfirmasi positif terjadi ketika kinerja dianggap lebih baik dari ekspektasi yang telah ditentukan sehingga para pelanggan merasa senang.
Kata Kunci: Trans Jatim Koridor 2, Transportasi, Pelayanan, Kepuasan Penumpang
Trans Jatim Bus Corridor 2 was implemented in response to demand for land transportation facilities that allow individuals or groups to travel from various locations to carry out activities on the route from Kertajaya Terminal, Mojokerto to Medaeng Bus Stop. The research objective of the research is to analyze the pull factors for choosing the Trans Jatim Bus Corridor 2 as a mode of transportation and analyze the level of passenger satisfaction with the Trans Jatim Bus Corridor 2 service.
The type of research is quantitative research with a quantitative descriptive approach. Sampling used Accidental Sampling of 100 passengers. Primary data in research on passenger satisfaction analysis of Trans Jatim bus service corridor 2 using data collection techniques using questionnaires and interview techniques for 100 passengers. Secondary data was obtained from the East Java Province Transportation Service (Dishub).
Based on research results, the factors that cause passengers to prefer using Trans Jatim Bus corridor 2 are due to various things such as affordable costs, long waiting times and faster travel times for Trans Jatim Bus corridor 2. The results of calculating the average score for the eleven indicators obtained a value of 371 which is included in the first class category (Very good). The results of the research that has been carried out show that all variables show positive disconfirmation so that customers or passengers feel happy with the services provided by the Trans Jatim Bus Organizer Corridor 2. The results of this research obtained are relevant to Oliver (1980) that satisfaction results from customers with predetermined performance standards. Positive disconfirmation occurs when performance is considered better than predetermined expectations so that customers feel happy.
Keywords: Trans Jatim Corridor 2, Transportation, Service, Passenger Satisfaction