PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SUB. KOMPETENSI SULAMAN BAYANGAN DI SMK NEGERI 1 JABON SIDOARJO
DEVELOPMENT OF LEARNING VIDEOS ON SHADOW EMBROIDERY COMPETENCY AT THE STATE VOCATIONAL SCHOOL 1 JABON SIDOARJO
Video pembelajaran memiliki fungsi penting dalam pembelajaran materi maupun praktik, pernyataan tersebut menuntaskan pengalaman dasar siswa dalam belajar dengan membaca, diskusi, maupun dalam pembelajaran praktik, pernyataan tersebut dapat menjadi solusi yang baik dalam pembelajaran materi praktik, sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan dimana saja dan kapan saja, tidak hanya berupa buku, atau modul tetapi siswa dapat memahami materi seperti pembelajaran tata muka melalui media video pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1. tingkat kelayakan media video pembelajaran pada sub. kompetensi sulaman bayangan, 2. hasil belajar menggunakan video pembelajaran pada sub. kompetensi sulaman bayangan pada hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 1 Jabon Sidoarjo.Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development, menggunakan model ADDIE atau Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jabon, pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Jenis pengumpulan data menggunakan 1. penilaian validasi kelayakan media video pembelajaran oleh tim ahli, yang terdiri dari ahli media dan ahli materi 2. tes kinerja dalam pelajaran hiasan busana pada sub, kompetensi sulaman bayangan dengan pengembangan video pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa angket penilaian kelayakan dan tes kinerja siswa. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk mengolah data hasil validasi kelayakan media dan tes kinerja yang mendapatkan hasil sebagai berikut: 1. tingkat kelayakan video pembelajaran pada sub, kompetensi sulaman mendapatkan skor rata-rata dengan kategori cukup baik, selajutnya dari para ahli cukup baik. Penilaian kelayakan tersebut telah melewati tahap revisi yang disarankan oleh validator, dan 2. hasil belajar menggunakan media video terhadap hasil belajar siswa mencapai ketuntasan diatas rata-rata minimal mata pelajaran yaitu 70, peningkatan yang dihasilkan setelah penerapan media video pembelajaran sebesar 2 persen. Berdasarkan uraian tersebut dapat membuktikan bahwa hasil belajar peserta didik dalam sub. kompetensi sulaman bayangan dengan video pembelajaran masuk kedalam kriteria rentang skor baik
Learning video have an important function in both material and practical learning, this statement is reinforced by the advantages of video media that are able to complete students basic experience in learning by reading, discussing, and in practical learning, these statements can be a good solution in learning practical material, so that learning can be carried out anywhere and anytime, not only in the form of books or modules but students can understand material such as face to face learning through learning video media. the purpose of this study is to describe: 1. the feasibility level of learning video media in sub. shadow embroidery competence, 2. learning outcomes using learning video in sub. shadow embroidery competence on student learning outcomes at SMKN 1 Jabon Sidoarjo. This research is a Research and Development research, using the ADDIE or Analysis, Design, Development. Implementation, Evaluation model. The research wa carried out at SMKN 1 Jabon, in the odd semester of the 2021/2022 academic year. this type of data collection uses 1. assessment of the feasibility of learning video media feasibility by a team of experts, consisting of media experts and material experts, 2. a performance test in the fashion decoration lesson in sub. shadow embroidery competence with the development of learning video. The data collection instrument used in the study were in the form of a feasibility validation assessment questionnaire and student performance tests. The data analysis technique in this study uses quantitative descriptive analysis techniques to process data form media feasibility validation result and performance tests that get the following results: 1. the feasibility level of the learning video in the sub. embroidery competence gets an average score with a fairly good category, then form experts it is quite good. the feasibility assessment has passed the revision stage suggested by the validator, and 2. learning outcome using video media on student learning outcomes reach the criteria of completeness above the minimum average subject of 70, the increase that results after the application of learning video media is 2 percent. Based on the description, it can be prove that the learning outcomes of student in the sub. shadow emboridery competence with learning video in included in the criteria for a score range of good