Persepsi siswa terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran ketika berbicara di perguruan tinggi
Penelitian ini mengkaji Faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran dalam berbicara untuk pendidikan tinggi bagi mahasiswa perguruan tinggi di Universitas Negeri Surabaya. Banyak siswa di kelas debat yang tidak lancar dan percaya diri untuk berbicara. Oleh karena itu, peneliti memutuskan untuk mengambil penelitian ini yang mengidentifikasi dan menjelaskan tantangan dalam berbicara. Penelitian ini bertujuan sebagai referensi bagi para pendidik untuk menentukan cara terbaik untuk mengatasi tantangan berbicara di kelas. Desain penelitian ini adalah kualitatif dengan instrumen angket dan wawancara. Kuesioner akan dibagikan kepada 65 peserta dan 4 peserta akan diwawancarai. Temuan dari penelitian ini bahwa kemampuan siswa berbicara di depan kelas dipengaruhi oleh faktor-faktor internal dan eksternal. Beberapa tips yang disajikan, yaitu dari strategi siswa yang mendapat nilai tinggi di kelas debat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan dan sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya di bidang studi yang sama.
This study identifies factors affecting fluency during speaking performance in higher education student at State University of Surabaya. The students in the debate class are still not fluent and confidence to speak. Therefore, the researcher decided to take this study that identify and describe the challenges during speaking performance. This research is aimed as a reference for the educators to decide the best way to overcome speaking challenges in the class especially in debate class. The research design is qualitative that uses questionnaire and interview as the instrument. The questionnaire distributed to 65 participants and 4 participants were interviewed. This study found that there are several internal and external factors affecting students’ performance in speaking class. Some of the tips are served, those are from the students’ strategies who got the high score in debate class. This study is expected to contribute to the body knowledge and as a reference for the future researchers in the same study field.