ABSTRAK
Rahayu, Iin U. S. S. 2019. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Luar Biasa. Tesis Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Yuliyati, M.Pd, (II) Dr. Sri Joeda Andajani, M.Kes.
Kata Kunci : Gerakan Literasi Sekolah, Sekolah Luar Biasa
Gerakan Literasi Sekolah merupakam suatu usaha atau kegiatan yang bersifat partisipasif dengan melibatkan warga sekolah (siswa, guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan, pengawas sekolah, komite sekolah, orang tua/wali murid), akademisi, penerbit, media massa, dan masyarakat. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan tahapan gerakan literasi sekolah di sekolah luar biasa.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah di sekolah luar biasa yang berakreditasi A, membandingkan implementasi gerakan literasi sekolah di sekolah luar biasa yang berakreditasi A, mendeskripsikan implementasi gerakan literasi sekolah di sekolah luar biasa yang berakreditasi B, membandingkan implementasi gerakan literasi sekolah di sekolah luar biasa yang berakreditasi B, di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa angket.
Hasil penelitian ini ditemukan pelaksanaan gerakan literasi sekolah di sekolah luar biasa yang berakreditasi A dan B masih tahapan awal yaitu pembiasaan, banyaknya sekolah luar biasa yang masih kurang maksimal dalam menjalankan gerakan literasi sekolah. Implementasi gerakan literasi sekolah di sekolah luar biasa yang berakreditasi A, yaitu SLB Dewi Sartika memperoleh 20%, SLB yang berakreditasi A, SLBN Juwetkenongo yang memeperoleh skor tertinggi. Sedangkan di SLB yang berakreditasi B, SLB gedangan memperoleh 52%, SLB Harmoni memperoleh 22%, SLB Veteran memperoleh 22%, SLB Aisyiyah Krian, SLB Aisyiyah Porong, SLB Aisyiyah Tulangan, SLB Al Azhar memperoleh 0%, SLB Al Chusnaini memperoleh 0%, SLB Bina Bangsa memperoleh 0%, SLBN Gedangan.
Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka disarankan agar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tmur Wilayah Sidoarjo hendaknya membuat Surat Edaran pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah Luar Biasa, pengawas memberikan sosialisasi dan memantau gerakan literasi sekolah luar biasa, bagi kepala sekolah yang belum dan kurang melaksanakan gerakan literasi sekolah hendaknya membentuk tim gerakan literasi sekolah sesuai tugasnya, dan bagi kepala sekolah yang sudah melaksanakan gerakan literasi sekolah hendaknya memaksimalkan dan mencapai ke tahap selanjutnya.
ABSTRACT
Rahayu, Iin U. S. S. 2019. Implementation Of Literation School program at Special Education School. Thesis, CourseOf Special Education, Postgraduete. Universitas Negeri Surabaya.Advisor: (I) Dr. Yuliyati, M.Pd, (II) Dr. Sri Joeda Andajani, M. Kes.
Keywords : Literation School Program, Special Education School
Movement literacy school is an effort or activity that is participation with involving residents of school (stundent, teacher, principal, staff, sopervisor, the school committe, parent), academician publisher, the mas media, and society.
Research purpose is to describe the implementation of literation school program at special education for grade A, to compare the implementation of literation school program at special education for grade A, to describe the implementation of literation school program at special education for grade B, to compare the implementation of literation school program for grade B and to compare the implementation of Literation school program each special education in Sidoarjo district of East Java Province. Research approaching use quantity and descriptive system. Submitting data by questioner.
The result of reserach still at the first fase namely adaption because some other schools do not conduct this program maximal. Implementation of literation school program at special education school for grade A are SLB Dewi Sartika get 20%, SLB A/C Dharma Wanita get 20%, SLB B dharmawanita get 24%, and SLBN Juwetkenongo get 36%. Between be other special education school for grade A, SLBN Juwetkenongo get the highest score. Implementation of literation school program at special education for grade B are SLBN Gedangan get 52%, SLB Harmoni get 22%, SLB Veteran get 22%, SLB Aisyiyah Krian can 0%, SLB Aisyiyah Porong get 0%, Slb Aisyiyah Tulangan get 0%, SLB Al Azhar get 0%, SLB Al Chusnaini get 0%, SLB Bina Bangsa get 0%, SLB Delta Sejahtera get 0%, SLB Darma Pendidikan get 0%, SLB C Dharma Wanita get 0%, SLB Delta Sejahtera get 0% and SLB Siti Hajar get 0%. Between be other special education school for grade B, SLBN Gedangan get the highest score.
Based on the research conclusion, it is required to a branch chief of Education Department in Sidoarjo making letters to suggest some schools do the program, sosialize and watch over this program well. For principal who has not done this program, should make a team to do the program as her/his duty, the other side a principal who has done it, should maximize to take the next step.