Pengembangan Edmodo pada Materi Sistem Imun untuk Melatihkan Berpikir Kritis: Validitas dan Respons Siswa
The Development of Edmodo on Immune System Material to Train Critical Thinking: Validity and Student Responses
Persebaran COVID-19 terus mengalami peningkatan, membuat pemerintah harus mengeluarkan kebijakan untuk menekan persebarannya. Salah satu kebijakan di bidang pendidikan adalah pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh terbantu dengan adanya perkembangan teknologi, namun menuntut siswa untuk berpikir tingkat tinggi, seperti berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan melalui mata pelajaran biologi. Materi yang membutuhkan keterampilan tersebut adalah sistem imun. Pada kenyataannya materi sistem imun dianggap sulit dan hasil ujian nasional menununjukkan hanya 25,19% siswa yang dapat menyelesaikan materi ini. Oleh karena itu perlu adanya peran media pembelajaran yang dapat memfasilitasi pencapaian kompetensi dasar dan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan Edmodo yang dilengkapi LKPD untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini terbatas pada tahap develop untuk mengetahui validitas produk berdasarkan pendapat ahli, serta kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa kelas XI SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Analisis data dilakukan secara deskripsit kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan validitas Edmodo sebesar 3,88 pada aspek penyajian, 3,91 pada aspek materi, dan 3,89 secara keseluruhan. Validitas LKPD sebesar 3,90 pada aspek penyajian, 3,95 pada aspek materi, 3,89 pada aspek bahasa, 3,67 pada aspek berpikir kritis, dan 3,85 secara keseluruhan. Keduanya termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil respons siswa sebesar 88,03% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian Edmodo dan LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Edmodo, LKPD, sistem imun, keterampilan berpikir kritis.
The spread of Covid-19 continues to increase, causes the government to issue policies that can supress this spread. One of the policies in educational field is distance learning. The distance learning is helped out by technology development, but it requires student to think at a high level such as critical thinking. Critical thinking skills can be trained in biology. The material that need critical thinking skills is immune system. In fact, immune system material is considered difficult and the result of national exam show only 25.19% of student can complete this material. Therefore, it is necessary to have learning media that can facilitate the achievement of basic competency and critical thinking skills. This research aims to produce Edmodo that equipped with student worksheets to train critical thinking skills. This research is development research with 4D Model (Define, design, develop, disseminate). It was limited to the development stage to determine the validity of product based on expert opinion and also the practicallity based on the responses of eleventh grade student in SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo. Quantitative descriptive analysis was applied for the data gained. The result showed the validity of Edmodo were 3.88 on presentation aspect, 3.91 on content, and 3,89 for the total average. The student worksheet validity resulted were 3.90 on presentation, 3.95 on content, 3,89 on language, 3.67 on critical thinking, and 3,85 for the total average. Both of them are categorized as very valid. The results of student responses are 88.03% in the very practical category. Thus, the development of Edmodo and student worksheet is valid and practical to used in lerning.
Keywords: Edmodo, student worksheets, immune system, critical thinking skills.