Kalimat Tanya pada Teks Iklan Deutsche Bahn
Interrogative Sentences on the Deutsche Bahn Advertisement
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kalimat tanya pada teks iklan Deutsche Bahn. Penggunaan kalimat tanya oleh Deutsche Bahn yang bervariasi menjadi latar belakang penelitian ini dilakukan. Variasi kalimat tanya tersebut perlu dianalisis lebih dalam agar para pembaca dapat memahami intensi dari iklan tersebut dan tidak menimbulkan salah persepsi. Penelitian ini akan berfokus pada bentuk kalimat tanya. Terkait dengan fokus tersebut, penelitian ini akan mendeskripsikan konstruksi kalimat tanya yang berbasis pada ciri – ciri sintaksis terkait dengan tipe posisi verba. Selain itu, penelitian ini juga akan mendeskripsikan fungsi dari setiap jenis kalimat tanya itu sendiri. Adapun data yang diperoleh berupa 7 kalimat tanya pada iklan Deutsche Bahn yang diunduh melalui website dan akun instagram resmi Deutsche Bahn dan Deutshce Bahn Karriere diantaranya berupa 2 kalimat tanya W-Verbzweitsätzefrage, 3 Verberstsätzefrage, dan 2 Echofragesätze. Adapun penelitian ini dianalisis menggunakan teori Peter Gallman tentang kalimat tanya dan tipe posisi verba, Heibig/Buscha tentang kalimat tanya dan jenis kalimat serta sowinski tentang stilistika bahasa Jerman. Berbasis pada teori-teori diatas ditemukan hasil penelitian bahwa tipe verba posisi satu dan posisi dua dapat membentuk konstruksi kalimat tanya. Pada tipe posisi verba satu atau Verberstsätze dapat membentuk kalimat tanya yang disebut dengan Verberstsätzefrage. Selanjutnya pada tipe verba posisi dua atau Verbzweitsätze dapat membentuk dua konstruksi kalimat tanya yakni kalimat tanya W-Verbzweitsätzefrage dan Echofragesätze. Hal yang membedakan dari kedua konstruksi ini ialah pada konstruksi W-Verbzweitsätzefrage memiliki kata tanya W- yang terletak di awal kalimat sedangkan pada Echofragesätze terletak di tengah kalimat atau Mittelfeld. Selanjutnya, kalimat tanya juga memiliki fungsi tanya yang mengharapkan hadirnya sebuah jawaban. Pada dasarnya semua pertanyaan membutuhkan hadirnya sebuah jawaban namun terdapat juga jenis pertanyaan yang tidak memngharapkan hadirnya jawaban, yakni jenis pertanyaan retorik atau Ich-Frage. Selain itu, terkait dengan fungsi Kalimat tanya juga sering dihubungkan dengan fungsi eksploratif dimana informasi yang diharapkan juga sejalan dengan aksi yang diharapkan pula. Namun, Kalimat tanya juga bisa memiliki fungsi lain seperti fungsi afirmatif, yakni meyakinkan ulang sebuah tuturan yang muncul karena kebingungan dari mitra tutur.
Kata Kunci: kalimat tanya, sintaksis, stilistika, iklan
This study aims to describe the interrogative sentence in the Deutsche Bahn ad text. The use of various interrogative sentences by Deutsche Bahn is the background for this research. These variations in the interrogative sentence need to be analyzed more deeply so that readers can understand the intention of the advertisement and do not cause misperceptions. This research will focus on the form of the interrogative sentence. Related to this focus, this study will describe the construction of interrogative sentences based on the syntactic features associated with the type of verb positions. In addition, this study will also describe the function of each type of interrogative sentence itself. The data for the present study are derived from Deutsche Bahn official website and Instagram accounts, which include 2 interrogative sentences W-Verbzweitsätzefrage, 3 Verberstsätzefrage, and 2 Echofragesätze. The research was analyzed using Peter Gallman's theory about interrogative sentences and verb position types, Heibig / Buscha about interrogative sentences and types of sentences as well as sowinski about german stylistics. Based on the above theories, it is found that the research result shows that the type of verb position one and position two can form the interrogative sentence construction. In the position type the verb one or Verberstsätze can form an interrogative sentence called the Verberstsätzefrage. Furthermore, the second position verb type or Verbzweitsätze can form two interrogative sentence, namely the interrogative sentence W-Verbzweitsätzefrage and Echofragesätze. What distinguishes these two constructions is that the W-Verbzweitsätzefrage construction has the interrogative W- which is located at the beginning of the sentence while in Echofragesätze it is in the middle of the sentence or in Mittelfeld. Furthermore, the interrogative sentence also has a question function which expects an answer to be present. Basically all questions require the presence of an answer but there are also types of questions that do not expect an answer, namely the rhetorical question type or Ich-Frage. In addition, related to the function, the question sentence is also often associated with the exploratory function where the information expected is also in line with the expected action as well. However, the interrogative sentence can also have other functions such as the affirmative function, which is to reassure a speech that arises due to confusion from the speech partner.
Keywords: interrogative sentences, syntax, stylistics, advertising