Perkembangan teknologi informasi yang semakin meningkat mengakibatkan perubahan gaya hidup masyarakat yang dulunya menggunakan handphone untuk komunikasi telepon dan bertukar pesan, dan sekarang handphone bisa digunakan untuk menunjang aktivitas lainnya yaitu bisa digunakan untuk melakukan panggilan vidio, bertukar file atau dokumen, berfoto, dan untuk mendengarkan musik. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian smartphone diantaranya adalah celebrity endorser dan citra merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone merek Vivo di Master Phone Shop Plaza Marina Surabaya. Sampel penelitian ini sejumlah 80 responden. Variabel bebas terdiri dari celebrity endorser dan citra merek, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian juga mennjukkan bahwa citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Secara simultan celebrity endorser dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Vivo Di Master Phone Shop Plaza Marina Surabaya.
The development of information technology is increasing has resulted in changes in people’s lifestyles who used to use mobile phones for telephone cimmunication and exchangig messages, and now mobile phone can be used to support other activities wich can be used to make video calls, exchange files or documents, take pictures, and listen to music. There are many factors that influence smartphone purchasing decisions including celebrity endorser and brand image. The purpose of this study was to determine the effect of celebrity endorser and brand image on the purchase decision of a Vivo brand smartphone at Master Phone Shop Plaza Marina Surabaya. The sample of this study was 80 respondents. The independent variable consists of celebrity endorser and brand image, while the dependent variable in this study is a purchasing decision. The results of this study indicate that celebrity endorsers have a significant effect on purchasing decisions. The results of the study also show that brand image influences purchasing decisions. Simultaneously the celebrity endorser and brand image have a positive and significant effect on the purchase decision of the Vivo brand smartphone at the Master Phone Shop Plaza Marina Surabaya