“Perancangan Buku Interaktif Mitigasi Kebakaran di Dalam Ruangan untuk Anak-Anak Prasekolah”
"Designing Interactive Book for Indoor Fire Mitigation for Preschool Children"
Perancangan buku interaktif berjudul “Hati-Hati Kebakaran” dirancang dengan menarik, efektif tujuannya untuk membantu anak usia prasekolah memahami mitigasi kebakaran di dalam rumah sesuai dengan tingkat pemahaman serta minat anak-dan memahami resikonya. Karena lingkungan sekolah dan rumah merupakan lingkungan utama yang sering dihuni oleh anak, tindakan kelalaian bisa dilakukan oleh anak maupun orang dewasa. Menggunakan metode penelitian studi eksisting untuk mengevaluasi dan menganalisis buku interaktif sebelumnya agar memperoleh pemahaman bagaimana anak usia dini belajar dan berinteraksi dengan gerakan buku interaktif. Pengumpulan data sekunder dan primer di sekolah Labschool Unesa 1, yaitu murid TK A dan TK B serta guru. Penggunaan penerapan analisis data dengan metode design thinking dengan menjabarkan kebutuhan, keinginan media pembelajaran kebencanaan apa yang sesuai dengan pemahaman anak prasekolah, tahap selanjutnya SWOT untuk menemukan strategi keberhasilan rencana dalam perancangan ini dengan menemukan Strengths (Kekuatan), Weaknesses (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman). Hasilnya pada design thinking memperoleh output memahami permasalahan kurangnya pendidikan kebencanaan untuk anak usia dini dengan merancang elemen visual interaktif bencana menggunakan buku interaktif yang sesuai dengan iv perkembangan PAUD dan menghubungkan pendidikan kebencanaan BPBD dengan ini media pembelajaran dapat diaplikasikan pada kurikulum Paud, output SWOT untuk mengidentifikasikan faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi keberhasilan produk kedepannya.
Kata Kunci: Buku Interaktif; Kebakaran Di Rumah; Anak Usia Prasekolah; SWOT; Design Thinking
The interactive book titled "Hati-Hati Kebakaran" aims to engage and effectively help preschool children understand fire mitigation at home, tailored to their level of understanding and interest, and to comprehend the associated risks. Since children frequently inhabit school and home environments, negligence can occur by both children and adults. This project utilizes existing study research methods to evaluate previous interactive books, gaining insight into how young children learn and interact with these books. Data is collected at Labschool Unesa 1, involving kindergarten students (TK A and TK B) and teachers. The design thinking method is applied to detail the needs and desires for appropriate disaster education media for preschool children. Following this, a SWOT analysis identifies strategies for the success of the design plan by examining Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats. The design thinking process reveals a lack of disaster education for young children and results in the creation of interactive visual elements of disasters using an interactive book suitable for early childhood development. By integrating BPBD disaster education with this learning media, it can be incorporated into the early childhood education curriculum. The SWOT analysis identifies internal and external factors that may influence the product's future success.
Keywords: Interactive Book, House Fire, Preschool Children, SWOT, Design Thinking