PENGGUNAAN GAYA BAHASA PADA ARTIKEL DI WEBSITE TRAVELXISM SEBAGAI BENTUK COPYWRITING GUNA BRANDING PARIWISATA INDONESIA
THE USE OF FIGURATIVE LANGUAGE AS A BRAND COPYWRITING FOR INDONESIAN TOURISM ON TRAVELXISM WEB ARTICLES
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya kegiatan branding pariwisata mengguanakan tulisan artikel yang cara penulisannya menggunakan teknik tertentu dengan gaya bahasa. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini memaparkan gaya bahasa dan fungsinya yang ada di artikel pada laman Travelxism serta keterkaitannya dengan branding pariwisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah artikel di laman Travelxism yang diperoleh secara online dari portal laman milik PT. Gemilang Media Wisatama (Travelxism). Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, klausa, dan kalimat yang terdapat pada artikel di laman Travelxism. Data penelitian dikumpulkan dengan metode simak-sadap-catat. Metode yang digunakan untuk analisis data menggunakan metode agih. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada 24 variasi gaya bahasa dalam artikel pada laman Travelxism dari 42 jenis gaya bahasa yang ada. Gaya bahasa tersebut, yaitu gaya bahasa klimaks (3) buah, antiklimaks (2) buah, paralelisme (4) buah, anastrof (2 buah), elipsis (3) buah, erotesis (6) buah, perifrasis (6) buah, paradoks (3) buah, prolepsis (4) buah, anastrof (3) buah, koreksio (2) buah, pleonasme (4) buah, polisidenton (1) buah, asidenton (1) buah, apofasis (3) buah, hiperbola (2) buah, eufemisme (1) buah, sinekdoke (4) buah, metafora (1) buah, personifikasi (3) buah, epitet (2) buah, metonimia (2) buah, antonomasia (1) buah, dan ironi (1) buah. Dalam artikel yang diteliti ditemukan 5 fungsi gaya bahasa, yaitu fungsi ekspresi, fungsi informasi, fungsi persuasi, fungsi eksplorasi, dan fungsi entertainmen. Fungsi gaya bahasa mengambil semua peran pengelolaan merek, yaitu sikap merek, kesadaran merek, reputasi merek, keterlibatan merek, integritas merek, dan dayaguna merek.
Kata Kunci: gaya bahasa, artikel, pencitraan, laman Travelxism
The development of destination branding using article writing with certain techniques and styles is a motivating factor for researcher to conduct this study. Therefore, this study examines the styles and functions of language on Travelxism page and its relation to destination branding. This study used qualitative approach. The sources of data were articles derived from Travelxism page owned by PT. Gemilang Media Wisatama (Travelxism). Data collection was mainly online. The data included words, phrases, clauses, and sentences. The data was collected using observations-records, and furthermore notetaking techniques were employed. A distributional method was used to analyze this data. The study revealed that out of 42, 24 figures of speech were found on Travelxism page. The figures of speech were, (3) climax, (2) anticlimax, (4) parallelism, (2) anastrophe, (3) elipsis, (6) erotesis, (6) periphrasis, (3) paradox, (4) prolepsis, (3) anastrophe, (2) correctio, (4) pleonasm, (1) polysyndeton, (1) asyndeton, (3) apophasis, (2) hyperbole, (1) euphemism, (4) synecdoche, (1) metaphor, (3) personification, (2) epithet, (2) metonymy, (1) antonomasia, and (1) irony. There were 2 language functions found in article, namely expressive, informational, directive, phatic, and aesthetic. It encompasses all the functions of brand management, such as brand attitude, brand awareness, brand reputation, brand engagement, brand integrity, and brand effectiveness.
Keywords: language style, articles, imaging, Travelxism web.