Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas islami, islamic good corporate governance dan motivasi islam terhadap kepercayaan pada amil zakat di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data dari penyebaran kuisioner kepada 100 repsonden. Objek penelitian ini adalah Muzakki yang pernah melakukan pembayaran zakat pada amil zakat resmi di Surabaya yang telah terdaftar pada Forum Zakat nasional. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial religiusitas islami, islamic good corporate governance dan motivasi islam berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan muzakki pada amil zakat di Surabaya.
Abstrack
This study aims to determine effect of Islamic religiosity, Islamic good corporate governance, and Islamic motivation towards Muzakki’s trust to zakat institution in Surabaya. This study used quantitative method with data collecting from questionnaire distributing to 100 respondents. Object of this study is Muzakki, who already made zakat payment to zakat institution in Surabaya that has been registered in National Zakat Forum. Analysis method that was used is multiple regression analysis. The finding shows that effect of Islamic religiosity, Islamic good corporate governance and Islamic motivation has particially sicnificant towards Muzakki’s trust to zakat institution in Surabaya.