Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan Wadiah
Analysis of Factors Influencing Customers' Decision to Choose Wadiah Savings Products
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor pengetahuan produk, persepsi manfaat, promosi, dan motivasi sebagai faktor keputusan nasabah memilih produk tabungan wadiah di Bank Syariah. Latar belakang penelitian ini adalah pertumbuhan industri perbankan syariah di Indonesia yang diprediksi lebih tinggi dibandingkan bank konvensional, didorong oleh inovasi produk dan layanan sesuai syariat Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis faktor konfirmatori (CFA). Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dengan metode probability sampling menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor promosi, pengetahuan produk, dan persepsi manfaat merupakan faktor dari keputusan nasabah dalam memilih produk tabungan wadiah. Faktor motivasi bukanlah faktor dari keputusan nasabah memilih produk tabungan wadiah. Penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya promosi yang tepat, pengetahuan produk yang mendalam, dan persepsi manfaat yang jelas dalam menarik nasabah untuk memilih produk tabungan wadiah di Bank Syariah.
This study aims to analyze product knowledge, benefit perception, promotion, and motivation factors as factors in customers' decision to choose wadiah savings products at Sharia Banks. The background of this research is the growth of the Islamic banking industry in Indonesia, which is predicted to be higher than conventional banks, driven by product and service innovation in accordance with Islamic law. This study uses a quantitative approach with confirmatory factor analysis (CFA) techniques. Research data was collected through a questionnaire with a probability sampling method using a simple random sampling technique. The results of the study show that promotional factors, product knowledge, and benefit perception are factors in customer decisions in choosing wadiah savings products. The motivation factor is not a factor in the customer's decision to choose a wadiah savings product. This research provides insight into the importance of proper promotion, in-depth product knowledge, and clear benefit perception in attracting customers to choose wadiah savings products at Sharia Banks.