Peranan Beauty Advisor Sebagai Daya Tarik Konsumen Dalam Pembelian Produk Kosmetik
The Role of Beauty Advisors as Consumer Attractiveness Purchasing Cosmetic Products
Abstrak
Beauty advisor merupakan orang yang ditugaskan dalam membantu pelayanan konsumen, serta mengetahui informasi produk secara detail. Selain memberikan pelayanan kepada konsumen beauty advisor juga bertanggung jawab dalam meningkatkan target penjualan suatu produk. Beauty advisor tentunya akan memberikan stimulus pada konsumen guna mencapai target penjualan suatu produk, sehingga dibutuhkan adanya daya tarik untuk dapat memenuhi hal tersebut. Daya tarik merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan penjual untuk diperhatikan, diminta, dicari, dikonsumsi pasar untuk memenuhi suatu kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peranan dari seorang beauty advisor sebagai daya tarik bagi konsumen. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Obyek penelitian ini adalah beauty advisor yang memberikan pelayanan kepada konsumen produk kosmetik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket yang dibagikan kepada 30 responden dari konsumen produk kosmetik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian beberapa aspek ini menyimpulkan bahwa beauty advisor sangat berperan besar sebagai daya tarik konsumen dalam membeli produk kosmetik. Ini dibuktikan dari aspek kenyamanan yang diberikan oleh beauty advisor pada konsumen ketika berbelanja menunjukkan respon yang baik yaitu dengan rata-rata persentase sebesar 76%, pada aspek pelayanan menunjukkan hasil respon yang sangat baik dari konsumen yaitu dengan persentase sebesar 93%, pada aspek pengaruh yang diberikan melalui pembawaan diri dari seorang beauty advisor mulai dari sikap, pengetahuan, hingga penampilan menunjukkan respon yang sangat baik yaitu pada rata-rata nilai persentase sebesar 83%.
Kata Kunci : Beauty advisor, konsumen, minat beli
Abstract
Beauty advisor is a person assigned to assist customer service, as well as find out detailed product information. In addition to providing services to consumers, beauty advisors are also responsible for increasing the sales target of a product. Beauty advisors will certainly provide a stimulus to consumers in order to achieve the sales target of a product, so an attraction is needed to be able to fulfill this. Attractiveness is everything that a seller can offer to be noticed, requested, sought, and consumed by the market to fulfill a need. This study aims to determine how big the role of a beauty advisor as an attraction for consumers. This type of research is descriptive quantitative. The object of this research is a beauty advisor who provides services to consumers of cosmetic products. The data collection method used is observation and questionnaires distributed to 30 respondents from consumers of cosmetic products. The data analysis technique used is descriptive statistics using the percentage formula. The results of this research on several aspects conclude that beauty advisors play a major role in attracting consumers to buy cosmetic products. The aspect of comfort provided by the beauty advisor to consumers when shopping shows a good response, namely with an average percentage of 76%, in the service aspect shows a very good response from consumers, namely with a percentage of 93%, in the aspect of influence given through character. self from a beauty advisor, ranging from attitude, knowledge, to appearance shows a very good response, namely the average percentage value of 83%.
Keywords: Beauty advisor, consumers, buying interest