PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI KARAWITAN DI SANGGAR BAJRA MUSTHI SMPN 2 TULUNGAGUNG
EXTRACURRICULAR LEARNING OF ART OF KARAWITAN AT SANGGAR BAJRA MUSTHI SMPN 2 TULUNGAGUNG
Pembelajaran Seni Karawitan di Sanggar Bajra Musthi SMPN 2 Tulungagung Propinsi Jawa Timur merupakan objek dalam penelitian ini. Hal ini dikarenakan Sanggar Bajra Musthi tersebut memiliki capaian-capaian prestasi baik dari tingkat Kabupaten hingga Nasional yang mampu memberikan motivasi kepada Sanggar lain dalam mengembangkan kreativitas dalam menyajikan sebuah karya Seni Karawitan. Metode pembelajaran yang dipakai yaitu metode ceramah, metode demonstrasi, dan metode drill. Metode tersebut mampu membimbing siswa dalam meraih prestasi di setiap ajang kompetisi. Berdasarkan analisis data yang telah dikumpulkan bahwasanya siswa-siswi yang mengikuti pembelajaran Seni Karawitan dengan menggunakan metode ceramah yaitu siswa mampu memahami teori awal dari materi gending yang akan dipraktikkan. Selanjutnya, siswa diajarkan langsung dengan menggunakan metode demonstrasi yang dimana siswa diajak terjun langsung untuk menerapkan apa yang telah diberikan secara teori dengan memainkan secara langsung yang bertujuan akan lebih semakin terlatih dan terbiasa serta mampu mengolah rasa atau menghayati dari setiap alat musik gamelan yang dipegang. Begitu juga ketika akan mengikuti sebuah pentas seni atau kompetisi maka guru yang melatih melakukan penerapan metode drill yang dilakukan secara terjadwal bertujuan agar siswa tidak hanya mampu dalam memainkan alat musik tapi juga akan terbiasa mampu menghayati suara alat musik dan isi lagu sehingga mempercepat proses pembelajaran.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Seni Karawitan, Bajra Musthi
Learning Karawitan Art at Bajra Musthi Studio at SMPN 2 Tulungagung, East Java Province is the object of this research. This is because the Bajra Musthi Studio has achievements from both the Regency to the National level which are able to motivate other studios in developing creativity in presenting a work of Karawitan Art. The learning method used is the lecture method, demonstration method, and drill method. This method is able to guide students in achieving achievements in every competition event. Based on the analysis of the data that has been collected, it is clear that the students who take the Karawitan Art lesson using the lecture method are able to understand the initial theory of the musical material that will be practiced. Furthermore, students are taught directly using the demonstration method in which students are invited to go directly to apply what has been given theoretically by playing directly which aims to be more trained and accustomed and able to process the taste or experience of each gamelan instrument that is held. Likewise, when participating in an art performance or competition, the teacher who trains to apply the drill method which is carried out on a scheduled basis aims so that students are not only able to play musical instruments but will also get used to being able to appreciate the sound of musical instruments and song content so as to speed up the learning process
Keywords: Learning Methods, Musical Arts, Bajra Musthi