Pengaruh Korean Wave dan Gaya Hidup Hedonis terhadap Keputusan Pembelian Album Official BTS
The Influence of Korean Wave and Hedonic Lifestyle on Purchase Decision of BTS's Official Album
Pandemi Covid-19 menyebabkan industri hiburan mengalami penundaan aktivitas, termasuk konser dan perilisan album. Salah satu industri hiburan yang mampu bertahan adalah industri K-Pop. Agensi hiburan di Korea Selatan mengalami persaingan yang ketat dalam merilis album baru karena penundaan konser. Penjualan album di tahun 2020 meningkat sebesar 64% dibandingkan tahun sebelumnya. Tren K-Pop ini membuat para penggemar mencari kesenangan dengan menghabiskan uang mereka untuk membeli album dari grup idola yang mereka kagumi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Korean Wave dan gaya hidup hedonis terhadap keputusan pembelian album official BTS di ARMY Indonesia. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 200 responden yaitu ARMY Indonesia yang pernah membeli album official BTS dengan rentang usia 16 hingga 35 tahun. Metode pengambilan sampel adalah judgemental sampling dengan skala likert sebagai alat ukur. Analisis dalam penelitian ini menggunakan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Korean Wave dan gaya hidup hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan oleh Big Hit Entertainment untuk mendesain ulang strategi pemasaran perusahaannya dengan memperhatikan Korean Wave dan gaya hidup hedonis.
The Covid-19 pandemic has caused the entertainment industry to suffer from delays in activities, including concerts and album releases. One of the entertainment industries that can survive is the K-Pop industry. Entertainment agencies in South Korea are experiencing intense competition in releasing new albums due to concert delays. The album sales in 2020 increased by 64% compared to the previous year. This K-Pop trend makes fans seek pleasure by spending their money buying albums from idol groups they admire. The research aims to analyze the effect of the Korean Wave and hedonic lifestyle on purchase decisions for BTS official albums on ARMY Indonesia. This study uses a sample of 200 respondents, namely ARMY Indonesia, who had purchased BTS official albums with an age range of 16 to 35 years. The sampling method is judgmental sampling with a Likert scale as a measuring instrument. The analysis in this study uses multiple linear regression equation models. The result showed that Korean Wave and hedonic lifestyle variables positively and significantly affected purchasing decisions. This research is expected to be used by Big Hit Entertainment to redesign their companies' marketing strategies by paying attention to the Korean Wave and hedonistic lifestyle.