Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media berbasis autoplay menggunakan software Autoplay Media Studio 8 di SMK Negeri Mojoagung serta untuk mengetahui kelayakan pengembangan dan respon siswa terhadap pengembangan media berbasis autoplay sebagai media pembelajaran Administrasi Umum di SMK Negeri Mojoagung.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Pengembangan media berbasis Autoplay ini melalui 4 tahap, yaitu: 1) Define, 2) Design, 3) Develop, 4) Desseminate.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas kelayakan media yang dihasilkan melalui validasi dari para ahli dan respon siswa. Persentase yang didapatkan dari validator ahli materi yang dilakukan oleh Dosen Pendidikan Administrasi Perkantoran UNESA dengan Guru Adminstrasi Umum SMK Negeri Mojoagung dikategorikan sangat layak yang berarti materi komunikasi di tempat kerja dapat digunakan dalam media ini. Persentase yang didapatkan dari validator ahli media yang dilakukan oleh Dosen Teknologi Pendidikan UNESA dikategorikan sangat layak yang berarti media berbasis autoplay dapat digunakan. Hasil persentase respon siswa X OTKP 1 sangat layak yang berarti media berbasis autoplay ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran.
This research aims to analyze the development of learning media based Autoplay using Autoplay Media Studio 8 at SMK Negeri Mojoagung as well as to determine the feasibility of development and students response to the development of autoplay based learning media as an general administrasion learning media in SMK Negeri Mojoagung.
This type of research is Research and Development (R & D) research using the 4-D development model developed by Thiagarajan, Semmel and Semmel. Development of this adventure media game through 4 stages, namely: 1) Define, 2) Design , 3) Develop, 4) Desseminate
Based on the results of this research indicate that the quality of media feasibility is generated through validation from experts and student evaluation. The percentage obtained from the material expert validator conducted by the Lecturer of UNESA Office Administration Education with General Administrasion Teacher of SMK Negeri Mojoagung is Very Suitable category which means that general administrasion material is suitable for use in this media. The percentage obtained from the media expert validator conducted by UNESA Education Technology Lecturers was Very Suitable which means the media adventure game is worthy of use. The results of the percentage of student response X OTKP 1 was Very Suitable which means autoplay based learning media is suitable to be used as a learning media.